Share this article :

Supaya Tetap Fit Saat Jalani Puasa, Kamu Wajib Lakukan 10 Tips Sehat Ini (Bagian 1)

 Tue May 16th, 2017
 2398

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

Supaya Tetap Fit Saat Jalani Puasa, Kamu Wajib Lakukan 10 Tips Sehat Ini (Bagian 1) Sumber : dailyburn.com

Ada banyak alasan untuk kita menjalani puasa sebagai orang Kristen, salah satunya karena alasan rohani seperti ingin mengalami terobosan dalam kehidupan pribadi, gereja atau pelayanan apapun yang sedang kita jalani.

Nah, supaya tetap fit selama menjalani puasa, kamu perlu melakukan 10 tips puasa sehat ini:

1. Miliki tekad kuat untuk bisa sukses menjalani puasa

Sebelum memulai puasa, yakinkan diri untuk bisa menjalani puasa dengan tuntas. Tentukan target yang kamu hendak capai melalui puasa ini. Yang paling penting adalah miliki pola pikir yang benar. Disiplinkan diri dalam berdoa dan menuntaskan puasa.

(Baca Juga : Tujuan dari Berpuasa)

2. Sediakan kebutuhan selama puasa

Belilah semua kebutuhan yang kamu perlukan sebelum memulai puasa. Misalnya, membeli bahan-bahan untuk membuat jus atau makanan pembuka yang sehat dan bernutrisi.

3. Penuhi kebutuhan mineral

Buat kamu yang berpuasa makanan saja, minumlah air sedikitnya 8 gelas sehari. Hal ini penting supaya racun yang menumpuk di dalam tubuh dibuang melalui keringat atau urin. Pemenuhan kebutuhan air mineral dalam tubuh juga membantumu terhindar dari dehidrasi dan rasa lapar.

4. Hindari melakukan aktivitas berat

Hindari berolahraga terlalu keras. Pilihlah olahraga yang lebih ringan seperti jalan santai. Saat berpuasa, organ tubuh bekerja membuang segala racun di dalam tubuh. Karena itulah, kamu bisa berpuasa olahraga sejenak supaya tubuhmu tidak terlalu lelah karena tidak mendapatkan asupan makanan selama puasa.

Hal lebih penting lagi adalah tidur lebih awal karena saat tidurlah organ tubuh memproduksi hormon yang baik bagi tubuh. Sesaat sebelum tidur, baca buku dan dengarkan musik yang lembut dan tenang untuk meningkatkan kualitas tidurmu.

5. Pilih jenis puasa yang sesuai dengan kondisi tubuh

Sebagian orang yang berpuasa mencontoh pola puasa tokoh-tokoh di Alkitab, tanpa makan dan minum. Jika memang kondisi tubuhmu rentan, ada baiknya tidak memilih puasa ekstrim ini. Kamu bisa memilih jenis puasa yang sesuai dengan kondisimu.

Puasa minum air.  Puasa jenis ini tidak dianjurkan jika dilakukan selama dua atau tiga hari. Kecuali jika puasamu benar-benar diawasi dan dianjurkan secara medis.

Puasa jus. Jus kaya akan antioksidan yang berfungsi mengikat racun dalam tubuh. Dan antioksidan itu sangat penting, terutama saat puasa. Tapi di jaman ini, mungkin buah-buahan yang kita konsumsi justru mengandung zat-zat pestisida yang berbahaya. Karena itu, penting untuk puasa jus sekali waktu. Jadi, saat kamu puasa jus kamu bisa mengganti sumber nutrisi dengan jus sayuran, air murni, air kelapa dan the herbal.

Puasa Daniel.  Seperti dijelaskan dalam Daniel 10: 3, dimana nabi-nabi berpuasa selama tiga minggu dari mengkonsumsi makanan lezat, daging dan anggur atau makanan yang mengandung produk hewani dan alkohol. Ini adalah pola makan yang kita sebut dengan vegetarian.

Makan sekali sehari. Setiap orang bisa memilih puasa makan sekali sehari saja. Tapi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi, permen, soda, makanan cepat saji, makanan ringan dan junk food. Karena makanan jenis ini sama sekali tidak sehat. Karena itu, sangat dianjurkan untuk makan makanan yang sehat dan bernutrisi sekali sehari.

(Baca Juga : Tiga Makna Penting Dibalik Doa Puasa Daniel)

Berpuasa adalah salah satu disiplin spiritual yang sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Tapi berpuasa untuk tujuan kesehatan saja tidak cukup. Dalam ajaran kekristenan kita dianjurkan untuk berpuasa dengan motivasi yang benar, yaitu mencari Tuhan dengan penuh kerendahan hati, mengakui dosa dan menyatakan penyesalan di hdapan Tuhan (2 Tawarik 7: 14). Saat kita berpuasa dan berdoa, kita tak hanya memiliki tubuh yang sehat tetapi kita juga bisa mengalami terobosan besar atas janji-janji Tuhan untuk memulihkan hidup, gereja, komunitas dan bangsa kita. Jadi, sudahkah kamu siap mengambil langkah berpuasa bulan ini?

Sumber : Charismamag.com/jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Andry Randa 22 June 2017 - 18:41:49
Terpuji namamu ya Alllah atas segala penyertaan hi... more..

Harvey Jeremy 22 June 2017 - 00:20:39
Salam sejahtera untuk saudara semua, kiranya Tuhan... more..

Bryan inzaghi 16 June 2017 - 20:43:01
Sekarang aku ingin mendaftar ke sekolah negri yg k... more..

Cindy 15 June 2017 - 18:47:03
Salam sejahtera, sy Cindy, menikah dgn pria kebang... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Pesan Singkat Yang Mengubah Hidupku
Pesan Singkat Yang Mengubah Hidupku
Kapan biasanya Anda mengucapkan kata ‘terima kasih’? Umumnya, kata ini akan muncul ketika Anda m...