Inilah Pentingnya RUU Perlindungan Umat Beragama yang Sedang Dirancang Menteri Agama

Inilah Pentingnya RUU Perlindungan Umat Beragama yang Sedang Dirancang Menteri Agama

Lori Official Writer
1692

Kabarnya Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin tengah merampungkan Rancangan Undang-undang Perlindungan Umat Beragama untuk segera didaftarkan ke Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM. Lalu pertanyaannya adalah apa tujuan penyusunan RUU ini?

Seperti disampaikan oleh Menag Lukman, RUU PUB ini akan menjadi prioritas dalam program legislasi nasional (Prolegnas) 2018 mendatang. Di dalamnya terkandung beberapa hal, di antaranya terdiri dari definisi agama, majelis agama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), rumah ibadah, penyiaran agama dan sebagainya.

Melalui beberapa butir yang terdapat dalam RUU PUB ini, Menag berharap supaya negara bisa semakin maksimal dalam melindungi segenap bangsa Indonesia dengan memberikan jaminan rasa aman dan nyaman kepada semua rakyat Indonesia untuk mendapatkan haknya dalam beragama.

Hal ini sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 29 ayat 2, bahwa negara menjamin kemerdekaan warganya untuk memeluk agamanya masing-masing dan beribadat menurut agama dan kepercayaannya.

Adapun menyusunan RUU ini memang sudah direncanakan sejak awal menag Lukman menjabat tahun 2014 silam. Dengan proses yang cukup panjang hingga melibatkan tim Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag serta melibatkan peserta civitas akademika baik perguruan tinggi umum dan keagamaan, RUU ini akhirnya dinyatakan teruji secara publik. Terkait substansi hukumnya juga sudah dikonsultasikan kepada sejumlah pakar hukum pidana dan tokoh lintas agama.

Saat ini Menag hanya perlu merampungkan RUU dengan satu kali konsinyering lagi sebelum akhirnya didaftarkan ke BPHN Kementerian Hukum dan HAM paling lambat akhir bulan Mei ini.

Semoga dengan RUU Perlindungan Umat Beragama ini kasus mengenai intoleransi yang masih marak terjadi di tanah air bisa segera diselesaikan secara hukum ya.

Sumber : Berbagai Sumber

Ikuti Kami