Share this article :

Rieke Caroline, Pembawa Berita yang Juga Terpanggil Bela Pengusaha Kecil

 Thu April 27th, 2017
 2004

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

Rieke Caroline, Pembawa Berita yang Juga Terpanggil Bela Pengusaha Kecil Sumber : Jawaban.com
Play Video
JOdQH8XV7vo

Memilih untuk menjalani panggilan hidup dan meninggalkan karir yang diidam-idamkan banyak orang mungkin menjadi sesuatu yang sedikit sulit. Tapi tak sedikit orang yang memang memilih jalan ini dalam hidupnya, termasuk seorang News Anchor atau pembawa acara berita Rieke Caroline.

Namanya memang tak setenar Najwa Sihab atau Desi Anwar, tapi ternyata dibalik perjalanan karir pembawa berita di salah satu program televisi swasta ini tersirat satu cerita unik.

Setelah berkarya selama 5 tahun sebagai News Anchor, Rieke memantapkan diri untuk fokus pada panggilan hidupnya sejak kecil yaitu menjadi seorang pengacara dan membantu para pebisnis kecil yang kesulitan dalam hal hukum. Satu tahun belakangan ini, bahkan wanita lulusan hukum ini sudah membangun sebuah lembaga bantuan hukum online yang diberi nama buatkontrak.com.

Lewat buatkontrak.com, Rieke terpanggil ingin memberikan perlindungan hukum bagi para pelaku UKM atau pengusaha kecil. Bukan tanpa alasan, karir baru yang akan digelutinya ini terilhami dari pengalaman pahit sang ayah yang pernah menjadi korban dari penipuan oleh mitra bisnisnya.

Peristiwa itu terjadi ketika dirinya masih duduk di bangku 4 SD. Saat itu, sang ayah menandatangani kontrak kerja sama dengan satu mitra bisnis. Lantaran sama sekali buta dengan hukum dan tak ingin mengeluarkan uang lebih untuk menyewa jasa pengacara, sang ayah akhirnya menerima kontrak tersebut.

Buatkontrak.com ini kayak balek ke panggilan hidup. Jadi waktu kecil, kelas 4 SD, bokap tuh tanda tangan perjanjian sama mitra bisnis yang lebih besar. Jadi partner bisnis yang kasih kontrak bisnis suruh dia tanda tangan. Karena bokap nggak punya akses ke legal atau hukum, terus dia pikir lawyer mahal. Jadi dia baca sendiri aja,” ucap Rieke.

Tapi ternyata di dekat penutup dari lembaran kontrak, ada pernyataan yang memberatkan sang ayah. Kurang lebih pihak mitra bisnis bisa membatalkan perjanjian sewaktu-waktu tanpa syarat apapun. Dan ternyata dalam waktu dua hari kontraknya dibatalin dan ayah Rieke harus menanggung kerugian besar karena sudah mengeluarkan banyak uang untuk proses penjualan barang.

“Dan itu emang bikin bokap abis-abisan. Namanya usaha kecil, dikumpulin dari lama. Terus tiba-tiba jatuh gara-gara ketipu orang. Itu tuh rasa sakitnya luar biasalah ya. Jadi agak traumatis yang membuat agak sulit untuk bangkit lagi. Karena gue liat di depan mata gue , jadi dari kelas 4 SD gue bertekad, gue mesti belajar hukum karena gue nggak mau ada orang di dunia ini yang bohongin keluarga gue gara-gara nggak ngerti hukum,” terang Rieke.

Karena itulah Rieke berpikir untuk menghadirkan sebuah jasa firma hukum yang bisa menolong para pengusaha untuk terhindar dari penipuan seperti sang ayah alami.

Membangun bukakontrak.com, kata Rieke, bukan sesuatu yang mudah. Karena banyak tantangan yang juga dia hadapi di awal-awalnya. Mulai dari kesulitan untuk mengembangkan platform-nya dan juga merekrut para pengacara yang yang memiliki hati di bidang bisnis. Rieke bahkan sering menerima penolakan karena banyak orang yang menolak untuk bekerja di bukakontrak.com. Berbekal kegigihan dan kerja kerasnya, kini bukakontrak.com sudah memiliki lima pekerja inti dan beberapa staff lainnya yang bekerja mengurusi sekitar 1000 pengguna dan 3000 data base dari klien yang mereka bantu.

Rieke berharap pertumbuhan UKM di tanah air bisa semakin besar. Sehingga mereka bisa menjadi mitra hukum yang hadir untuk membela dan menolong para pengusaha dalam menjalankan bisnisnya.

Bagi Rieke, tak ada waktu terlambat untuk menjalani panggilan. Dia mendorong semua orang untuk tidak takut memulai panggilan pribadi, sekalipun harus dimulai dari nol. “Di usia berapapun kalau teman-teman punya panggilan hidup, jangan sampai takut untuk mewujudkannya. Ketika kita menghidupi panggilan hidup, rasanya itu akan bisa menjadi kreasi atau ciptaan menuju apa yang Tuhan mau dalam hidup kita. Jadi, jangan takut jadi wirausaha, karena di dalam Tuhan kita pasti bisa maju sesuai dengan yang Ia kehendaki,” tandasnya.

Untuk menyaksikan wawancara selengkapnya dengan Rieke Caroline, bisa menonton tayangannya DI SINI.

Sumber : Rieke Caroline

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Febby Makatumpias 28 May 2017 - 18:51:27
Syalom, selamat malam. Saya baru disini, saya ingi... more..

Gare HogPok 23 May 2017 - 10:28:16
Selamat pagi dan salam Sejahtera bagi kita semua. ... more..

Tato' Tambing 22 May 2017 - 09:09:32
Syallom selamat pagi, mohon di doakan untuk hubung... more..

santos 22 May 2017 - 00:14:34
Mohon doanya agar usaha saya yang sedang saya kemb... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Berkorban Karena Cinta
Berkorban Karena Cinta
Salah satu kerinduan terbesar Daud adalah membangun Bait Suci. Meskipun yang membangunnya adalah Sal...