Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Contributor
1763


Pendiri Facebook Mark Zuckerberg menyampaikan rencananya untuk membangun sebuah komunitas online terbaru. Dia pun mengungkapkan kalau komunitas ini akan meniru model komunitas sel (komsel) yang dibentuk oleh pendeta Rick Warren di Gereja Saddleback, California yang dipimpinnya.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Wired, Zuckerberg menyampaikan bahwa model komunitas online baru ini akan sama dengan Saddleback.

“Manusia selalu terdorong untuk datang bersama-sama secara bergerombol untuk mencapai hal-hal yang lebih baik dan meningkatkan kehidupan secara pribadi dengan cara yang tidak bisa kita lakukan lewat kelompok-kelompok kecil,” tutur Zuckerberg, seperti dilansir Christiantimes.com, Selasa (14/3).

Dia menjelaskan kalau gereja terbesar kelima Amerika itu merupakan contoh dimana sebuah komunitas yang terdiri dari puluhan ribu orang berkumpul di bawah bimbingan seorang pemimpin. Tapi kelompok-kelompok ini juga kemudian dibagi kedalam kedalam kelompok-kelompok yang lebih kecil lagi, sesuai dengan minat, afinitas dan aspirasi masing-masing.

Platform komunitas seperti ini sangat bagus menjadi alat untuk membimbing dan membentuk orang-orang dalam komunitasnya yang diikutinya. Tipe komsel seperti ini juga akan sangat memungkinkan orang-orang terhubung dengan cara yang lebih intim dan juga berdampak luas bagi komunitas yang lebih besar.

“Sama seperti berteman dengan orang-orang di Facebook bisa menjadi alat untuk memperkuat hubungan di dunia nyata. Tidak ada alasan untuk mempercayai kalau membangun komunitas-komunitas di Facebook dan internet tidak akan bisa menguatkan komunitas di dunia nyata,” terangnya.

Ide baru yang dicetuskan miliarder besar ini mungkin saja tercetus dari kunjungan-kunjungan yang dilakukannya bersam para pemimpin gereja beberapa waktu silam. Seperti pada bulan Januari lalu, Zuckerberg mengaku singin belajar banyak dari sgereja tentang bagaimana mereka membangun komunitas di dalam gereja itu sendiri. Banyak hal yang sudah dia dapatkan setelah bertemu dengan para pendeta baik di dalam dan luar kota. Sepetri halnya saat pertemuannya dengan pendeta-pendeta di Texas.

John Crowder, salah satu pendeta dari Gereja First Baptist di West, menilai kalau Zuckerberg kelihatannya sangat tertarik untuk belajar banyak soal peran gereja terhadap masyarakat. Dia juga ingin tahu bagaimana jemaat gereja dari berbagai denominasi bekerja sama untuk bisa bangkit dari bencana yang mereka alami.

“Kami hanya bilang kepada dia kalau setelah ledakan (sebuah peristiwa yang terjadi di West), orang-orang di kota secara otomatis datang ke gereja untuk mendapatkan bantuan. Mereka tahu gereja adalah satu-satunya tempat berteduh mereka dan itulah peran dari gereja. Setidaknya di sebuah kota kecil,” ucap Crowder.

Selain itu, Crowder juga menilai kalau Zuckerberg tertarik untuk belajar soal kegiatan yang dilakukan baik di gereja maupun pelayanan bagi masyarakat.

Aaron Zimmerman, seorang pendeta Episkopel yang menghadiri salah satu pertemuan dengan pendiri Facebook ini mengatakan kalau pertemuan itu meninggalkan kesan bahwa Zuckerbeg tampaknya mencoba untuk melakukan hal yang benar melalui tempat-tempat yang melakukan hal-hal yang benar juga.

Bagaimana menurut kalian, apakah rencana terbaru Mark Zuckerberg ini jadi sinyal kuat bahwa Facebook akan mendukung kuat gereja dalam peranannya di masyarakat? Yuk kita tunggu saja langkah selanjutnya yang akan dikerjakan ayah satu anak ini.

Sumber : Christiantimes.com/jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

opo lesar makatempuge 23 September 2017 - 10:47:34

keberuntungan di tahun 2017

0 Answer

Irvan Dwitanto 23 September 2017 - 06:31:01

Jelaskan langkah-langkah membuat cerita fantasi ba.. more..

0 Answer

Prily Zusena Sebayang 22 September 2017 - 23:12:04

Bagaimana mendengar suara Tuhan

1 Answer


Baginda Bonifasius Hasibuan 23 September 2017 - 02:11:59
Saya mohon kpd saudara² seiman di dalam Tuhan Yes... more..

Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

Banner Mitra Week 4


7305

Line Jawaban