Share this article :

Jodoh itu di Tangan Tuhan, Atau di Tangan Kita? Ini Yang Lebih Penting Kamu Kerjakan!

 Tue February 21st, 2017
 2589

Artikel ini ditulis oleh :

bagusp

Contributor
 

Jodoh itu di Tangan Tuhan, Atau di Tangan Kita?  Ini Yang Lebih Penting Kamu Kerjakan! Sumber : http://lovepanky.com

Sudah jadi kata-kata yang mendunia sepertinya ungkapan, Jodoh itu ditangan Tuhan. Bahkan saking klisenya ada yang menyatakan, bahkan sering jadi quote alias kata bijak jika lahir, jodoh, dan mati itu ada di tangan Tuhan.

Benarkah demikian?

Jika seperti itu, terus apakah kita menunggu dan berharap bahwa Tuhan akan mengantarkan jodoh kepada kita dan mempertemukan sampai ke pernikahan kudus? Sebenarnya daripada kamu pusing memikirkan hal tersebut, ada hal-hal yang lebih penting kamu kerjakan dan (siapa tahu ) justru membawa jodohmu lebih dekat.

Untuk Urusan Jodoh, Tuhan Punya Standar

Bukan berarti nggak boleh bergaul, tapi untuk urusan jodoh, Tuhan sudah memberikan standar yang jelas bagi kita sebagai anak Tuhan. Tuhan kasih batasan yang harus kita jalani agar hidup kita bahagia. Pasangan hidup yang dari Tuhan haruslah yang sepadan. Maksudnya sepadan adalah seiman, sudah lahir baru dan bertumbuh didalam Tuhan.

Gimana kalau jatuh cinta dengan yang tidak seimbang? Sepertinya kamu harus berdoa lagi dan mencari wajah Tuhan agar kehendaknya yang jadi. Bisa saja, tiba-tiba entah bagaimana cara Tuhan bekerja,  kalian tiba-tiba berpisah. Atau jika memang kehendaknya bisa jadi pasanganmu yang tidak seiman itu tiba-tiba ingin mengenal Yesus dan akhirnya lahir baru. Paling penting disini adalah jangan bermain-main dengan kehendak Tuhan. Jangan berpikir nanti jika sudah menikah, si dia mungkin bertobat. Bisa jadi malah kebalikannya, kamu yang ikut dia.

Pergaulan menentukan

Biasanya sih ya, jodoh kita itu nggak jauh-jauh kok. Ada yang ketemu pas reunian, ketemu di persekutuan, ketemu di kantor, di komunitas, pas acara gathering tiba-tiba kenalan, dan masih banyak lagi. Intinya, daripada kamu duduk dan nonton fim korea di rumah sampai malam setiap hari, kenapa nggak mulai coba bergaul saja dengan teman-teman baru?

Ingat ya, kamu tuh juga punya kehidupan sosial yang musti kamu jalanin. Jangan cuma kuliah atau kerja trus langsung pulang dan nonton film korea di kamar setiap hari,  mulailah bergaul dengan teman-teman baru.

Kalau ada yang ngajakin jalan, kenapa nggak? Kalau ada yang ngajakin persekutuan atau komsel, ikut aja, kalau ada pelayanan di gereja, gabung aja.  Yang penting kamu banyak-banyak bergaul. Siapa tahu disana ketemu seseorang yang sudah Tuhan siapkan buatmu.

Perbaiki Kualitas Diri

Hal penting lainnya adalah harus memperbaiki kualitas diri sendiri. Kualitas apa saja sih yang musti di upgrade?

Kualitas roh

Seneng ngga sih punya pasangan yang rajin saat teduh, rajin ke gereja, bahkan rajin pelayanan? Kayaknya semua orang seneng deh ya. Nah karakter diri kita akan naik level jika kita dekat dengan Tuhan, karena kita akan menyerupai dengan orang yang kita sembah yaitu Tuhan, cepat atau lambat.

Kualitas jiwa

Ini berhubungan dengan karakter dan sifat. Tuhan ciptakan kita itu unik dan punya tujuan khusus. Namun dalam perjalanannya, karakter kita akan dipengaruhi oleh budaya, keluarga dan dengan siapa kita bergaul. Karena itu penting untuk mengenal siapa kita, kelebihan dan kekurangan kita, dan minta Tuhan untuk mengubah karakter kita agar sesuai dengan buah-buah roh. Butuh proses pastinya, tapi kita akan diubah oleh Tuhan sampai serupa dengan Kristus.

Kualitas fisik

Nah yang ini juga nggak kalah penting. Bukan masalah tampan atau jelek, tapi lebih ke penampilan yang bisa di perbaiki. Misalnya, kerapian, kesehatan fisik, olahraga, kasih parfum biar wangi, rambut jangan acak-acakan, dandan yang keren tapi ngga berlebihan, kamar jangan berantakan dan lain sebagainya.

 Nah daripada pusing-pusing jodoh itu dari Tuhan atau ditangan kita, lebih baik lakukan hal diatas dulu. Karena jodoh ada ditangan kita, namun kita perlu serahkan ke Tuhan agar Dia campur tangan dan menuntun kita.


Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Charles Rosidi 29 May 2017 - 08:33:47
Untuk pekerjaan dengan banyaknya masalah yang haru... more..

Febby Makatumpias 28 May 2017 - 18:51:27
Syalom, selamat malam. Saya baru disini, saya ingi... more..

Gare HogPok 23 May 2017 - 10:28:16
Selamat pagi dan salam Sejahtera bagi kita semua. ... more..

Tato' Tambing 22 May 2017 - 09:09:32
Syallom selamat pagi, mohon di doakan untuk hubung... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Berkorban Karena Cinta
Berkorban Karena Cinta
Salah satu kerinduan terbesar Daud adalah membangun Bait Suci. Meskipun yang membangunnya adalah Sal...