Ridwan Kamil Sentil Umat Kristen dan Islam yang Hanya Jalankan Ritual

Ridwan Kamil Sentil Umat Kristen dan Islam yang Hanya Jalankan Ritual

Budhi Marpaung Official Writer
4594

Walikota Bandung Ridwan Kamil menilai agama bukanlah aktivitas ritual semata. Lebih daripada itu, agama seharusnya bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

"Jadi jangan hanya orang beragama itu ritual saja ke gereja saja, ke masjid saja, tapi pulang dari masjid dari gereja dia tidak menampilkan wajah keagamaannya," ujar pria yang disapa Kang Emil di Gereja Kristen Indonesia Maulana Yusuf, Bandung, Senin (13/2).

"Jangan sampai pulang dari gereja atau dari masjid, nerobos lampu merah lagi, nyampah lagi,” tambah orang nomor satu di Kota Parahyangan tersebut.

Menurut Emil, seharusnya orang-orang beragama sepulang dari tempat ibadah melakukan hal-hal positif seperti membayar zakat, menolong orang miskin, dan membayar pajak.

Terkait adanya persoalan yang terjadi antarumat beragama di Indonesia hari-hari ini, dalam pandangannya itu bisa dihindari jika masing-masing pihak mempraktikkan agamanya ke dalam hubungan antarmanusia.  

Apalagi dalam Islam ada ukhwah islamiyah, ukhwah wathoniyah, dan ukhwah insaniyah. Jadi kalau tidak bisa bersaudara dalam keyakinan, bersaudaralah dalam kebangsaaan, kalau masih tidak bisa bersaudaralah dengan kemanusiaan. Sesama manusia kan harus saling hormat menghormati," demikian ungkap Emil. 

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami