Lima Langkah Untuk Tetap Cool Hadapi Tantangan Yang Tak Terduga
Sumber: Entrepreneur.com

Finance / 9 February 2017

Kalangan Sendiri

Lima Langkah Untuk Tetap Cool Hadapi Tantangan Yang Tak Terduga

Puji Astuti Official Writer
5249

Dalam kehidupan ini banyak hal yang tidak pasti, untuk itu kita harus selalu siap sedia kepada sesuatu yang tak terduga, termasuk di dalamnya tantangan. Tidak semua masalah dan tantangan bisa diprediksi, namun kamu bisa menentukan responmu terhadap tantangan yang tiba-tiba datang, baik itu besar ataupun keci. Belajarlah untuk mengatasi tantangan yang  tiba-tiba menghadangmu tanpa harus kaget atau panik.

Orang yang terbiasa untuk membuat rencana biasanya paling sulit beradaptasi kepada tantangan yang datang tak terduga. Namun jika kamu mau sukses, maka kamu harus siap kapanpun tantangan datang. Hal ini adalah sesuatu yang alami, dan sebesar apapun tantangan ingatlah bahwa biasanya hal itu bisa diatasi dan ada jalan keluarnya. Untuk mengatasinya kamu bisa coba lima langkah berikut ini:

1. Analisa dan buat laporan seberapa besar dampak kerusakannya

Hal pertama dan terpenting saat menghadapi tantangan atau masalah yang datang tak terduga adalah menganalisa, memeriksa dan membuat laporan seberapa besar dampak tantangan tersebut terhadap pekerjaan atau usaha kamu.

Tujuannya adalah agar kamu mengerti kondisi yang sedang kamu hadapi saat ini secara menyeluruh dan jelas. Setelah kamu dapatkan hasil analisa, barulah kamu bisa membuat keputusan apa yang harus dilakukan, dan keputusan yang dibuat bisa dilakukan dengan kepala dingin dan penuh perhitungan.

2. Kendalikan reaksimu, jangan emosional

Seburuk apapun tantangan yang kamu hadapi, kamu harus mengendalikan emosimu. Jangan menjadi reaktif. Ini mungkin hal yang sulit, tapi kalau kamu ingin keputusan yang kamu buat adalah keputusan yang efektif dan logis sehingga bisa mengatasi masalahmu itu, maka sangat penting untuk tidak menjadi emosional.

Selain itu perkataan negatif yang kita ucapkan pada diri sendiri atau pun ucapan orang lain juga bisa berdampak buruk. Jagalah atmosfer di sekitarmu tetap positif, seburuk apapun situasi yang kamu hadapi. Jangan biarkan kata-kata seperti, "Ini buruk!" atau "Aku tak percaya hal ini bisa terjadi!" berkeliaran di sekitarmu ataupun orang-orang yang bekerja bersamamu.

Ajak mereka berhenti sejenak, menenangkan diri, dan berdoa. Setelah itu ingatkan mereka untuk menjaga perkataan.

3. Fokus pada tujuan jangka panjang

Kembali fokus pada tujuan jangka panjang, jika kamu bisa melakukan ini, maka kamu akan bisa mengeleminasi hal-hal jangka pendek yang kurang penting. Hal ini akan membantumu untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas.

4. Jangan tutup-tutupi, komunikasikan dengan baik tantangan yang ada

Ketika kamu sudah bisa melihat dengan jelas kerusakan yang terjadi, menganalisa dan memutuskan tindakan yang akan dibuat, komunikasikan dengan karyawan atau rekan kerjamu. Pastikan kamu tidak menutup-nutupi atau mengurangi atau menambahi dalam memaparkan kondisi yang sebenar terjadi.

Semakin cepat, jujur dan transpran kamu mengkomunikasikan, semakin mudah orang lain bisa menerima kabar tersebut. Mereka akan lebih tenang dan bisa bekerja sama untuk mengatasi masalah.

5. Berkolaborasi untuk mengatasi masalah

Ini adalah langkah paling penting, sebab kamu tidak bisa mengatasi masalah seorang diri. Jadi jangan coba-coba jadi 'superman' yang ingin menyelamatkan keadaan seorang diri. Libatkan rekan kerjamu atau karyawan lain, bagilah tugas sehingga kordinasi bisa berjalan baik. Lakukan diskusi, dan kerjakanlah apa yang menjadi kesepakatan. Buatlah langkah-langkah untuk mengatasi dan juga melakukan evaluasi setiap perkembangan yang dibuat.

Nah, lima langkah di atas bisa kamu terapkan dalam pekerjaan apapun. Karena apapun bidang pekerjaan kamu, pasti selalu ada tantangan yang tak terduga dan bisa datang kapan saja. Yang terpenting adalah kamu tetap fokus pada tujuan kamu, dan jaga agar semua orang tetap tenang dan positif menghadapinya. 

Kamu saat ini sedang menghadapi masalah yang berat, dan kamu ngga tahu harus ngapain? Yuk hubungi konseling center Sahabat24 lewat Chating KLIK DISINI atau SMS ke 0817 0300 5566, kalau mau telp ke 1-500-224 atau (021) 2788-3688 ya..

Sumber : Entrepreneur.com
Halaman :
1

Ikuti Kami