Gereja Norwegia Buat Liturgi Baru Pemberkatan Nikah Sesama Jenis
Sumber: http://christiandaily.com/

Internasional / 3 February 2017

Kalangan Sendiri

Gereja Norwegia Buat Liturgi Baru Pemberkatan Nikah Sesama Jenis

Lori Official Writer
5150

Gereja Injili Lutheran Norwegia baru saja menetapkan prosesi pemberkatan baru bagi pasangan sesama jenis yang diberkati di gereja. Norwegia akhirnya menjadi negara keempat yang menerapkan aturan yang sama menyusul gereja-gereja di Swedia, Perancis dan Denmark.

Keputusan ini diambil tepat pada Senin, 30 Januari 2017 lalu dengan melakukan voting bersama gereja-gereja Lutheran. Aturan baru yang diterapkan mencakup liturgi pemberkatan yang biasanya dibacakan di depan altar oleh kedua mempelai. Liturgi baru ini sudah mulai diterapkan sejak 1 Februari 2017 kemarin.

Soal perlegalan pernikahan sesama jenis, negara ini memang sudah memberi ijin sejak 2009 silam. Dari 115 anggota gereja Norwegia, sebanyak 88 anggota menyatakan dukungannya terhadap pernikahan sesama jenis di gereja. Atas pelegalan inilah, gereja bahkan terang-terangan mentahbiskan pendeta yang bahkan diketahui homoseksual.

Tentu saja keputusan yang diambil gereja Norwegia ini mengejutkan gereja di seluruh dunia. Hal itu telah dianggap sebagai ‘keputusan bersejarah yang menyebabkan terjadinya pergeseran dalam ajaran gereja soal pernikahan’. 

Sumber : Christiandaily.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami