Presiden Filipina Tuduh Gereja Katolik Lakukan Korupsi

Presiden Filipina Tuduh Gereja Katolik Lakukan Korupsi

daniel.tanamal Official Writer
2403

Perang urat syaraf diantara Presiden Filipina Rodrigo Duterte dengan Gereja Katolik di negara itu terus memanas. Kali ini Duterte menuduh pihak gereja secara keseluruhan di Filipina terlibat dalam korupsi, skandal perempuan, dan banyak hal buruk lain.

Hal itu dikatakannya dalam sebuah pidato, Selasa (24/1), yang mengajak hadirin yang merupakan keluarga korban pembunuhan kampanye antinarkoba agar membaca buku Altar of Secrets. Buku yang ditulis wartawan Aries Rufo itu membongkar dosa-dosa pejabat gereja. “Saya menantang Anda sekarang. Saya menantang Jemaat Katolik. Anda penuh kebohongan. Anda semua bau busuk, korupsi dan semuanya,” maki Duterte.

Duterte sendiri melakukan hal itu untuk membela kampanye antinarkobanya dalam pidato di Istana Malacanang, Selasa. Sebelumnya, para pemuka jemaat telah bersuara keras untuk mengutuk pembunuhan sewenang-wenang dalam kampanye antinarkoba Duterte yang bertujuan membasmi perdagangan narkoba.

Bahkan Duterte berani membuka hal memalukan yang lama sudah terjadi, yaitu para pejabat gereja yang meminta mobil Pajero saat pemerintahan Presiden Gloria Macapagal Arroyo. “Tidakkah seharusnya kalian malu dengan diri sendiri? Barang itu begitu mahal dan begitu banyak orang tidak mempunyai apa-apa untuk dimakan. Uskup tahu bahwa mereka tidak seharusnya menerima apa pun dari pemerintah, dan namun mereka malah meminta kendaraan mewah,” katanya.

Terakhir Duterte menyindir agar para imam untuk menunggu penerbitan bukunya, yang akan diberi judul Hyprocrisy. “Satu hari, saya akan menulis sebuah buku (berjudul) 'Hypocrisy' yang akan mengungkap para politisi yang mencuci tangan. Tetapi Anda akan mendapatkan tokoh-tokoh yang membintangi. Tunggu saja,” katanya.



Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami