Puji Astuti

Official Writer
2785


Berita-berita hoax atau informasi yang  tidak bisa dipastikan kebenarannya menjadi perhatian banyak pihak di akhir tahun 2016 lalu hingga awal Januari 2017 ini. Bahkan sosok seperti Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun berkomentar tentang berita hoax. 

Di Twitter pada Jumat, 20 Januari 2017 lalu, SBY mencuit, "Ya Allah, Tuhan YME. Negara kok jadi begini. Juru fitnah & penyebar 'hoax' berkuasa & merajalela. Kapan rakyat & yg lemah menang? *SBY*."

Menanggapi pernyataan SBY tersebut, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa pemerintahannya serius dalam memerangi berita hoax sejak lama. Pria yang akrab disapa Jokowi tersebut juga berujar bahwa hoax adalah ekses dari era keterbukaan informasi. Namun hal itu tidak boleh dibiarkan begitu saja.

"Saya kira sudah lama kita bertarung dengan yang namanya kabar bohong, yang namanya hoax itu, saya kira kita sudah bertarung lama lah dan ini terus-menerus," demikian jelas Jokowi seperti yang dikutip CNNIndonesia.com. 

Untuk itu dirinya mengajak semua pihak, termasuk semua lapisan masyarakat untuk membangun budaya baru, terutama budaya kesantunan dan kesopanan dalam bersuara di sosial media.

"Jangan menghasut, jangan memfitnah, menyebarkan kabar bohong, jangan menyebarkan ujaran kebencian. Selalu saya sampaikan di mana-mana," demikian tambah Presiden Jokowi usai mengikuti kejuaraan panahan Bogor Terbuka 2017 di Lapangan Pusat Pendidikan Zeni TNI Angkatan Darat di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/1). 

Yuk kita perangi berita hoax!

Berita hoax menyebar dengan cepat dan menjadi viral karena respon dari para pengguna sosial media yang percaya begitu saja sebuah berita tanpa memproses atau memeriksa kebenaran berita tersebut terlebih dahulu. Atau juga karena beberapa kelompok masyarakat yang begitu percaya dengan pendapat orang berpengaruh, sehingga apapun yang ia sampaikan dipercayai tanpa di saring terlebih dahulu. 

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk melawan berita hoax?

1. Cek kebenaran sebuah berita, terutama berita yang provokatif dan menyebarkan kebencian, atau SARA . Jangan langsung percaya berita yang menyebar luas dan menjadi viral. Coba periksa melalui mesin pencari seperti Google, apakah ada berita yang serupa dari sumber website yang terpercaya dan kredibel. 

2. Cek foto atau gambar di artikel. Seringkali berita hoax melakukan editing terhadap foto atau gambar artikel. Caranya adalah download gambarnya, lalu buka Google Images di browser, lalu seret atau drag gambar yang sudah di download ke kolom pencarian gambar Google Images. Hasilnya akan menampilkan sumber gambar dan juga keterangan dari gambar tersebut. 

3. Jangan share, like atau komen di berita hoax, karena itu artinya kamu ikut ambil bagian menjadi penyebar berita hoax dan menjadikannya viral. 

4. Laporkan! Kamu bisa melaporkan berita hoax melalui fitur sosial media yang ada, seperti di Facebook mereka memiliki fitur untuk melaporkan pengguna dan isi berita yang profokatif dan tidak benar. Atau kamu juga melaporkannya ke Kominfo melalui email : [email protected]

Raja Salomo pernah menuliskan, "seorang saksi dusta yang menyembur-nyemburkan kebohongan dan yang menimbulkan pertengkaran saudara." Demikian juga dengan berita hoax, bisa berujung kepada fitnah, perpecahan, pertengkaran bahkan kehancuran sebuah bangsa. Yuk kita perangi berita hoax sama-sama! 

Sumber : Berbagai sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra Mei 2


7253

Banner Mitra April Week 3