4 Tipe Orang Teman Seperti Ini  Akan  Membantumu Mencapai Sukses

4 Tipe Orang Teman Seperti Ini Akan Membantumu Mencapai Sukses

Puji Astuti Official Writer
3597

Bertemu dengan orang baru adalah bagian penting dari kita manusia sebagai mahluk sosial. Bagi beberapa orang hal ini tidak mudah, terutama mereka dengan kepribadian introvert. Namun sesulit apapun itu, usahakanlah untuk mengembangkan pertemananmu karena hal tersebut sangat penting untuk kesuksesanmu. 

Mengapa pertemanan sangat penting untuk kesuksesanmu?

Pertama, jika kamu masih baru di dunia kerja tentunya butuh belajar dari mereka yang lebih senior atau ahli dibidangnya. Nah, dengan membangun hubungan persahabatan dengan orang-orang di tempat kerjamu atau mereka yang bekerja di bidang yang sama denganmu, kamu bisa belajar dari mereka. Selain itu, mereka juga bisa menjadi orang yang akan memberikan rekomendasi atas kemampuanmu ke depan nanti. 

Kedua, kamu harus mengembangkan jaringan pertemananmu karena ke depan nanti kamu pasti butuh koneksi untuk hal-hal berkaitan dengan pekerjaanmu atau bahkan mungkin sesuatu yang bersifat pribadi. 

Untuk itu ada 4 jeni atau tipe orang dimana kamu harus membangun hubungan pertemanan atau persahabatan, yaitu:

1. Mentor

Mentor adalah orang yang pernah mengerjakan pekerjaan seperti pekerjaan Anda - bahkan terkadang telah berkali-kali bekerja di bidang yang sama. Dia akan memiliki pengetahuan yang kaya, kebijaksanaan, dan pengalaman yang tidak kamu miliki, dan akan membantu kamu untuk menyelesaikan berbagai masalah yang mungkin sulit untuk kamu hadapi sendiri. 

Keuntungan lain memiliki hubungan baik dengan seorang mentor adalah mereka kadang selain memiliki pengetahuan, mereka juga punya koneksi. 

2. Seorang berpengaruh & dikenal komunitas

Salah satu cara terbaik untuk membangun reputasi adalah bergabung dan bertemu dengan komunitas dengan reputasi yang baik di wilayahmu. Ada dua keuntungan. Pertama, dengan menjadi bagian komunita itu maka reputasimu akan  terangkat. Kedua, dengan bergabung dalam komunitas kamu bisa berkenalan dengan orang-orang berpengaruh dalam komunitas tersebut - yang juga bisa berbagi materi, ide atau bahkan mengirimkan follower ke sosial mediamu. 

3. Rekan kerja

Rekan kerja juga aset penting bagi keberhasilanmu, karena walaupun mereka tidak seahli mentor atau berpengaruh seperti orang-orang dalam komunitas, mereka menghadapi masalah sama seperti yang kamu hadapi. Jadi masukan dan pengalaman mereka sangat penting bagimu. 

4. Investor

Dalam dunia usaha, modal adalah hal yang mendasar dan penting. Jadi jika kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang masuk kategori investor, maka hal ini merupakan aset yang sangat mahal. 

Jika kamu bisa menyampaikan idemu dengan baik, dan meyakinkan mereka bahwa idemu itu dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan, maka terbuka kemungkinan bahwa kamu bisa memulai startup-mu. 

Masalahnya, seorang investor tidak selalu memiliki kartu nama dengan jabatan investor. Mereka bisa saja orang dekatmu, keluarga atau bahkan orang yang baru kamu kenal. Untuk itu bertemulah sebanyak mungkin orang, dan jagalah hubungan baik dengan mereka. 

Jangan kautinggalkan temanmu dan teman ayahmu. Jangan datang di rumah saudaramu pada waktu engkau malang. Lebih baik tetangga yang dekat dari pada saudara yang jauh. ~ Amsal 27:10

Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com

Ikuti Kami