Jangan Bersumpah!
Sumber: pexel.com

Kata Alkitab / 15 December 2016

Kalangan Sendiri

Jangan Bersumpah!

Angelia Agatha Official Writer
6675

Seringkali kita menemukan orang-orang disekitar kita bersumpah. Atau mungkin kita sendiripun pernah bersumpah. Atas nama apapun, atau apapun alasannya, Alkitab mengajarkan kita untuk berhati-hati dalam bersumpah.

Kamu telah mendengar pula yang difirmankan kepada nenek moyang kita; Jangan bersumpah palsu, melainkan peganglah sumpahmu di depan Tuhan. Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah, maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar; janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutpun. Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.” Matius 6:33-37

Pada ayat tersebut jelas disebutkan bahwa Yesus memerintahkan kita untuk tidak bersumpah demi dan dengan alasan apapun. Jika ya, katakan ya, jika tidak, katakan tidak. Tuhan Yesus mengajarkan hal yang lebih tinggi dari Hukum Taurat. Mengapa demikian?

Karena Yesus tahu dan mengerti bahwa dengan bersumpah, kita sebagai manusia meminta kepercayaan kepada orang lain. Dan Tuhan mengerti bahwa kita, sebagai manusia biasa tidak bisa dipercaya. Yesus mengajarkan bahwa kejujuran adalah hal terpenting dalam bermasyarakat. Jika kita sudah dipercayai orang lain, maka kita tidak lagi perlu bersumpah. Jika orang tersebut tidak mempercayai ucapan kita, biarlah demikian. Karena kejujuran telah kita ucapkan dan hal itu adalah yang terpenting.

Kesimpulannya, janganlah sekali-kali bersumpah atas nama atau alasan apapun. Kejujuran kita cukup untuk membawa orang lain mempercayai kita tanpa perlu menambahkan sumpah-sumpah yang dapat berakibat dosa apabila tidak bisa memegang sumpah itu. Bakan Ahok saat resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta 2014 lalu tidak bersumpah. Dirinya hanya berjanji untuk memenuhi kewajibannya sebagai gubernur dengan baik dan adil sesuai UUD 1945.

“Perhatikanlah orang yang tulus dan lihatlah kepada orang yang jujur, sebab pada orang yang suka damai akan ada masa depan;” Mazmur 37:37

Sumber : tanyaalkitab.com
Halaman :
1

Ikuti Kami