Spesial Natal: 5 Tips Keuangan Pribadi dari Alkitab Khusus Untuk Anda!
Sumber: CraveOnline.com

Finance / 14 December 2016

Kalangan Sendiri

Spesial Natal: 5 Tips Keuangan Pribadi dari Alkitab Khusus Untuk Anda!

Budhi Marpaung Official Writer
4106
Tahukah Anda bahwa Natal adalah peristiwa perayaan kelahiran seorang anak yang terbesar sepanjang sejarah? Terbesar karena yang merayakannya tidak hanya seratus atau seribu, tetapi jutaan hingga miliaran orang di dunia ini. Seringkali Natal diidentikkan dengan sesuatu yang mewah.

Namun, Alkitab memberi panduan terbaik bagaimana mengatur keuangan pribadi di Natal. Berikut 5 tipsnya:

1. Buatlah Anggaran: Perlunya membuat anggaran dan berpegang teguh pada hal itu sangatlah penting untuk memastikan masa depan keuangan yang aman. Mengabaikan penganggaran saat ini dapat menempatkan Anda di posisi yang sulit besok hari. Inilah ayat Alkitab untuk mengatakan tentang apa yang dijelaskan sebelumnya.

“Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu? Supaya jikalau ia sudah meletakkan dasarnya dan tidak dapat menyelesaikannya, jangan-jangan semua orang yang melihatnya, mengejek dia, sambil berkata: Orang itu mulai mendirikan, tetapi ia tidak sanggup menyelesaikannya.” (Lukas 14:28-30)

2. Siapkan Dana Darurat: Prinsip yang sangat dasar dari keuangan pribadi menyatakan setidaknya biaya bulanan selama tiga bulan ke depan harus disisihkan untuk keadaan darurat. Berikut ayat Alkitab yang mendasari hal ini.

“Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.” (Amsal 6:6-8)

3. Ikut Investasi Berkala / Autodebet: Penasihat reksa dana dan investasi tidak henti-hentinya berbicara tentang penting berinvestasi dalam jumlah kecil secara sistematis. Inilah yang dikatakan Raja Salomo dalam Alkitab seputar investasi berkala.

“…tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya.” (Amsal 13:11)

4. Jangan Menjadi Seorang Penjamin: Nilai kredit telah diterapkan dalam beberapa tahun terakhir, dan menjadi penjamin bagi pinjaman orang lain dengan mudah dapat menurunkan nilai kredit Anda dalam kondisi tertentu. Jika peminjam primer tidak membayar kembali pinjamannya, bank bisa datang kepada Anda untuk meminta uang yang dipinjamkan oleh orang yang Anda jaminkan. Alkitab pun sudah memperingatkan tentang hal itu 3000 tahun yang lalu.

“Jangan engkau termasuk orang yang membuat persetujuan, dan yang menjadi penanggung hutang.” (Amsal 22:26)

5. Jangan Mencurangi Pajak: Suka atau tidak, direktorat pajak kini aktif untuk mengecek kondisi pajak seseorang khususnya pajak penghasilan. Anda tentu tidak ingin berada di sisi yang salah dalam hal ini kan? Berikut adalah perkataan Yesus tentang pajak ketika murid-murid-Nya bertanya tentang membayar pajak:

"…Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!" (Lukas 20:25)

Akhir tulisan, selamat menikmati musim Natal di bulan ini dan mengatur keuangan pribadi Anda! Sukses!


Sumber : firstpost.com
Halaman :
1

Ikuti Kami