Puji Astuti

Official Writer
3015


Beberapa waktu lalu saya berbincang dengan seorang teman tentang projek yang saya ingin mulai. Kesimpulan pembicaraan tersebut kembali muncul saat saya membaca sebuah artikel dilaman Entrepreneur.com tentang kunci sukses artis Jessica Alba saat ia keluar dari zona nyamannya di dunia film dan televisi ke dunia bisnis. 

Pertama, temukan kebutuhan

Hal tersebut sangat jelas dituturkan oleh Jessica Alba seperti ini, "Saya menemukan kebutuhan dan belum ada yang menjawab (kebutuhan itu)."

Itulah salah satu kesimpulan saya bagaimana membuat sebuah usaha atau bisnis yang berhasil, yaitu ketika kita menjawab kebutuhan dimana belum ada yang memenuhinya. Hal ini dimulai dengan memiliki kepekaan dan kepedulian pada lingkungan sekitar kita. Deteksilah masalah apa yang ada di sekitarmu, dan mulailah berpikir bagaimana menjawabnya dengan kemampuan yang Anda miliki. 

Tahukah Anda bahwa pemimpin-pemimpin yang sukses jeli melihat kebutuhan yang ada di sekitarnya dan berani untuk menjawab kebutuhan itu? Sebagai contoh kita bisa belajar dari kisah Nehemia. Dia saat itu adalah pejabat kerajaan, namun dia juga peduli nasib bangsanya. Ia menemukan kebutuhan dan saat itu ia ingin menjadi jawaban atas permasalahan itu yaitu membangun kembali tembok Yerusalem. Disanalah ia melibatkan Tuhan, dimana ia berseru dan mencari wajah Tuhan. (Nehemia 1)

Mungkin Anda bertanya, "Apa hubungannya Nehemia dengan membangun usaha?" 

Tentu saja ada, Nehemia peka dengan kondisi sekitarnya. Dia tahu ada sebuah permasalahan besar yang membutuhkan jawaban. Namun ia juga melihat kesulitan yang besar karena saat itu Israel ada dalam kekuasaan bangsa lain. Disinilah Tuhan berperan membuka pintu-pintu kesempatan bagi Nehemia. Kita bisa berada di posisi yang sama dengan Nehemia, ada kebutuhan, namun pintu-pintu untuk memberi jawaban itu masih tertutup. Inilah bagian Tuhan, dimana Ia akan menuntun kita dan bahkan menyediakan segala yang dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan itu. 

Yang kedua adalah kerjakanlah sesuatu yang penting bagi Anda sehingga Anda berani membayar harganya agar hal itu terwujud. 

Sebuah bisnis, usaha atau bahkan karir bukanlah sebuah projek jangka pendek. Mengejar kesuksesan bisa diibaratkan sebagai lari maraton dimana Anda butuh konsistensi, kekuatan jangka panjang dan juga tekad yang kuat. Untuk itu Anda harus benar-benar mencintai apa yang Anda kerjakan dan memiliki visi yang jelas mengapa Anda ingin mewujudkan itu. Jika tidak maka berbagai kesulitan dan tantangan yang menghadang akan mematahkan semangat Anda. 

Yang ketiga adalah buat keunikan dan perhatikan hal-hal kecil 

Jessica Alba memberi garis bawah tentang hal ini dengan berkata seperti ini, "Benar-benar mengerti apa yang Anda sedang kerjakan yang orang lain tidak lakukan. Pedulikan hingga hal-hal terkecil." 

Sebuah bisnis yang berhasil harus memiliki keunikan dan bahkan bila memungkinkan adalah mentarget pasar yang spesifik. Inilah yang disebut sebagai niche dalam dunia marketing, yaitu dengan menjadi ikan yang besar di kolam yang kecil daripada menjadi ikan kecil di kolam yang besar. Kreatifitas menjadi kunci bagi Anda untuk membangun sebuah keunikan brand atau merek. Lakukanlah penelitian, jangan takut untuk membuat percobaan di pasar yang akan Anda tuju, dan beranilah melangkah. 

Jangan takut memulai dari yang kecil, ingatlah bahwa merek-merek dagang yang besar dan sukses saat ini tidak sedikit yang memulai dari garasi rumahnya, sebut saja Apple, Facebook, Microsoft dan masih banyak lagi lainnya. Jadi tunggu apa lagi, wujudkan mimpi-mimpi besarmu..

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2