5 Cara Efektif Membangun Komunikasi Yang Baik
Sumber: https://2bsisters.com/2014/11/20/support

Finance / 25 October 2016

Kalangan Sendiri

5 Cara Efektif Membangun Komunikasi Yang Baik

Monica Olivia Contributor
39201

Berkomunikasi dengan orang lain merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan setiap manusia. Komunikasi sendiri merupakan suatu proses atau kegiatan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Tanpa adanya komunikasi, manusia tidak dapat membangun interkasi dan hubungan dengan orang lain.

Fungsi komunikasi sendiri adalah untuk membangun diri kita sendiri dan juga orang lain. Melalui interaksi dengan orang lain kita akan merasa diakui dikehidupan sosial, merasa bahagia, menyampaikan perasaan dan mengenal siapa sesungguhnya diri kita. Melalui komunikasi kita juga dapat memberikan informasi, mengajar, mencapai tujuan bersama, dan lain sebagainya.

Namun banyak orang yang belum dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif. Keterampilan komunikasi yang kurang baik dapat merusak suatu hubungan. Ada juga beberapa orang yang sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain karena tidak mudah bergaul dan kurang percaya diri.

Untuk itu, komunikasi juga penting untuk dilatih. Dimulai dari komunikasi interpersonal – komunikasi antar dua pribadi, lama kelamaan akan membuat seseorang menjadi terlatih untuk berkomunikasi di depan publik.

Berikut adalah tips and trick singkat untuk membangun komunikasi interpersonal yang baik:

1       Menjadi pendengar yang baik

Setiap orang pasti ingin didengar, oleh karena itu dalam membangun suatu hubungan dengan orang lain anda harus menjadi pendengar yang baik terlebih dahulu. Hal tersebut akan membuat lawan bicara nyaman. Selain itu dengan mendengar anda akan mendapatkan banyak informasi juga. Saat mendengarkan anda juga dapat menunjukan ekspresi yang baik dengan sesekali tersenyum atau mengangguk.

2       Jangan memotong pembicaraan

Saat seseorang sedang bicara, jangan memotong pembicaraannya. Tunggu sampai dia selesai barulah anda memberikan sanggahan atau tanggapan. Memotong pembicaraan dapat merubah suasana.

3       Memberikan perhatian penuh

Kontak mata dengan lawan bicara dapat menunjukan kalau anda memberikan perhatian penuh terhadap pembicaraan kalian. Usahakan untuk tidak memainkan gadget saat berkomunikasi sebagai wujud menghargainya.

4       Memberikan respon

Memberikan respon juga merupakan hal yang penting dalam komunikasi interpersonal. Hal tersebut menunjukan kalau anda memperhatikan pembicaraan. Respon yang anda berikan juga akan melanjutkan jalannya komunikasi, terjadi timbal balik dua arah antara anda dan lawan bicara. Seseorang juga akan merasa dimengerti saat anda menunjukan simpati kepadanya. Anda mungkin dapat memberikan saran atau motivasi.

5       Mulai terbuka

Tidak hanya lawan bicaramu yang bercerita, anda juga dapat mulai menunjukan diri anda. Biasanya saat anda mulai menceritakan tentang diri atau pengalaman anda, anda sudah mulai menunjukan keterbukaan kepada orang lain. Lawan bicara anda akan merasa dipercaya dan dapat mempercayai anda juga sebagai teman bicara yang baik. Selanjutkan akan lebih mudah dalam melakukan komunikasi dengan orang tersebut sehingga hubungan yang lebih dekat akan terbangun.

Hal yang tidak boleh dilupakan, anda harus merasa percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain. Tidak perlu merasa gugup, percayalah anda juga memiliki sesuatu yang menarik. Aura positive yang anda tunjukan akan sangat mempengaruhi suasana. Seseorang akan merasa nyaman berinteraksi dengan anda saat anda menunjukan semangat dan antusiasme.

Dengan beberapa tips diatas anda dapat mulai membangun keterampilan berkomunikasi dengan orang lain yang selanjutnya dapat menciptakan hubungan yang baik pula. Lakukan interaksi dengan sebanyak mungkin orang untuk membangun relasi dimanapun anda berada, karena hal tersebut dapat membuka peluang baru dalam hidup anda. Selamat mencoba! :)

Tulisan ini adalah kontribusi dari visitor Jawaban.com, Anda juga dapat berbagi dan menjadi berkat dengan berbagi kisah inspiratif, kesaksian, renungan, pendapat Anda tentang isu sosial atau berita yang terjadi di lingkungan dan gereja Anda dengan menguploadnya langsung melalui fitur Berani Bercerita di Jawaban.com, info lebih jelas KLIK DISINI.

Halaman :
1

Ikuti Kami