Fakta Dibalik Bahayanya Mengkonsumsi Roti Setiap Hari

Health / 11 October 2016

Kalangan Sendiri

Fakta Dibalik Bahayanya Mengkonsumsi Roti Setiap Hari

Lori Official Writer
3863

Meskipun kita tinggal di negara yang terbiasa mengkonsumsi nasi atau gandum setiap hari, tak sedikit di antara masyarakat kita yang kemudian mulai membiasakan diri mengganti nasi menjadi roti sebagai makanan utama. Kita berpikir bahwa roti adalah pilihan makanan sehat yang sama seperti nasi. Namun tahukah Anda bahwa ternyata makan roti setiap hati menyebabkan dampak kesehatan yang serius loh!

Berikut bahaya mengkonsumsi roti setiap hari bagi kesehatan seperti dilansir dari Boldsky.

Meningkatkan Gula Darah

Penyakit gula darah atau diabetes adalah jenis penyakit yang serius. Roti memiliki kandungan Amilopektin A yang menyebabkan kenaikan gula darah secara konstan.

Kecanduan                           

Konsumsi roti setiap hari dapat menyebabkan sensasi euphoria. Hal ini dibuktikan oleh laporan National Institute of Health di Amerika Serikat yang menyatakan bahwa kandungan gluten dalam roti menyebabkan seseorang kecanduan.

Produksi Lendir Dalam Tubuh Lebih Tinggi

Roti yang dibuat dengan bahan barley, kacang-kacangan dan gandum akan cenderung menyebabkan produksi lendir dalam tubuh lebih banyak. Akibatnya, seseorang akan mengalami kesulitan dalam bernafas. Hal ini juga menyebabkan gangguan pencernaan yang parah, termasuk anak-anak dan orangtua.

Minim Gizi

Roti hanya mampu menghilangkan rasa lapar, tetapi tidak memiliki nilai gizi. Mengkonsumsi roti secara rutin setiap hari hanya menyebabkan seseorang kekurangan gizi. Inilah salah satu bahaya siginifikan dari mengkonsumsi roti.

Sulit Dicerna

Roti yang kaya kandungan gluten merupakan protein yang diperoleh dari makanan olahan seperti gandum dan biji-bijian. Gluten bersifat sulit dicerna sehingga roti sakan menjadi masalah kesehatan yang rentan bagi orangtua dan anak-anak yang pencernaannya lemah.

Karena masalah inilah, para ahli gizi tidak menyarankan pasien yang sedang sakit untuk mengkonsumsi roti.

Cara Memilih Roti yang Sehat

Salah satu jenis roti yang aman dikonsumsi adalah roti gandum karena roti ini mengandung gula yag jauh lebih rendah. Jika roti biasa hampir tidak mengandung serat, berbeda dengan roti gandum yang memiliki sekitar dua atau tiga gram serat per potongnya. Selain itu, roti gandum juga mengandung banyak mineral, vitamin dan protein.

Saat hendak membeli, perhatikan terlebih dahulu komposisi bahan dibagian label. Jangan pernah membeli roti yang mengandung pewarna buatan, pengawet dan penambah rasa. Hal yang paling penting adalah pilihlah roti gandum yang memiliki jumlah serat yang tinggi.

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami