Pendeta Shephard Supit: Yesus itu Kiri, karena Bela Kepentingan Rakyat
Sumber: Jawaban.com | Daniel Tanamal

Nasional / 30 September 2016

Kalangan Sendiri

Pendeta Shephard Supit: Yesus itu Kiri, karena Bela Kepentingan Rakyat

daniel.tanamal Official Writer
5073

Pendeta Shephard Supit, Gembala dari Gereja Rakyat mengatakan bahwa dirinya tidak ada merasa takut dan khawatir jika ada pemikiran atau pandangan yang beranggapan bahwa Gereja yang dipimpinnya berhaluan “kiri”. Dalam konteks politik, umumnya orang-orang beranggapan bahwa haluan kiri adalah komunis.

“Benar memang sejak semula saya dan gereja ini terutama mendapat sorotan, terutama penggunaan kata rakyat. Ada yang menanggap ini (Gereja Rakyat) Kiri (berhaluan komunis). Saya terus terang saja, kenapa kita musti takut dengan kiri? Kalau kiri dimaknai sebagai simbol keberpihakan kepada kaum miskin, kenapa musti takut? Yesus itu kiri. Mengapa Ia kiri? Karena Yesus itu membela kepentingan rakyat. Bukankah gereja harusnya juga melakukan hal serupa?” kata Shephard kepada para wartawan, seusai ibadah syukur ulang tahun ke-14 Gereja Rakyat di Gedung LAI, Salemba, Jakarta Pusat, Minggu (25/9).

Gereja yang telah 14 tahun dipimpinnya itu memang mempunyai jemaat dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan bawah hingga atas, dengan berbagai lintas profesi. Menurut Shephard, selama ini cashflow Gereja Rakyat selalu minus, akan tetapi, kata dia, karena anugerah Tuhan, Gereja ini terus berjalan dan selalu tercukupi.

“Selama 14 tahun cashflow kita minus, tapi memang kita tak berharap disitu. Selama karena anugerah Tuhan saja kami tetap berjalan dan semua tercukupi. Bukan uang yang dicari, tujuan kami adalah bahwa jemaat mendapat kepastian keselamatan dan perubahan hidup. Tentu juga dengan berbagai hal yang kita lakukan seperti pelatihan-pelatihan dan pelayanan bantuan agar hak-hak sipil mereka terpenuhi, seperti bantuan administrasi pernikahan. Itu bukan hanya tugas LSM tapi gereja juga harus punya tanggung jawab disitu,” tambahnya.

Shephard menegaskan sekali lagi bahwa Gereja Rakyat yang digembalainya itu akan terus melakukan pelayanan terhadap kaum marjinal, kaum miskin kota yang terpinggirkan dan tidak tersentuh oleh gereja-gereja besar.


Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami