Inilah 9 Tipe Karakter Seorang Ibu, Yang Manakah Anda?
Sumber: thenautienetwork.com

Parenting / 29 September 2016

Kalangan Sendiri

Inilah 9 Tipe Karakter Seorang Ibu, Yang Manakah Anda?

Lori Official Writer
11204

Banyak sekali sebutan yang melekat pada seorang ibu dan gaya pengasuhannya. Adanya ragam karakter di dalam diri setiap ibu, membuat mereka menjalankan perannya dengan cara yang berbeda. Nah, bagi Anda para ibu yang masih bingung dengan tipe ibu macam apakah Anda, bisa menyimak 9 tipe di bawah ini.

1. Ibu Sosialita

Ibu sosialita yang aktif akan cenderung memiliki banyak teman baru dan suka sekali kumpul bersama. Tipe ibu ini akan suka sekali berada di sebuah ruangan khusus bersama teman-temannya. Dia adalah sosok yang berisiatif membangun kelompok sosialita dan menghubungkan seluruh teman-temannya lewat whatsapp dan pertemuan bersama di suatu tempat. Karena dia memiliki banyak teman ibu-ibu lainnya membuat anak-anaknya juga memiliki lebih banyak teman bermain.

2. Ibu Perfeksionis

Tipe ibu ini cenderung lebih siaga dan memberi perhatian berlebih kepada anak. Setiap tugas dan nilai anak akan selalu diperiksa setiba di rumah. Tak hanya itu, segala sesuatu yang harus dilakukan anak harus sesuai dengan jadwal. Ibu perfeksionis ini tiba akan memberikan anak-anaknya liburan karena fokusnya hanya untuk terus mengawasi anak-anak di sekitarnya. Di rumah, dia akan bertindak seperti guru dengan memberikan tugas kelas dan menuntut anak untuk mendapat nilai-nilai yang terbaik di sekolah. Pola pengasuhan perfeksionis ini membuat anak hampir dalam setiap aspek hidup dalam keteraturan.

3. Ibu Pemuji

Setiap orangtua tentu saja mencintai anak-anak mereka. Tetapi jenis ibu pemuji ini terbilang berbeda. Ibu tipe ini cenderung akan membicarakan soal anaknya sepanjang waktu. Dia suka memamerkan setiap hal kecil yang dilakukan anak-anaknya. Baik itu saat menemani anak di taman, di sekolah dan bahkan di tengah-tengah keluarga besar. Tak hanya itu, dia adalah ibu yang akan memberi kebebasan kepada anaknya yang masih berusia 2 tahun untuk mengakses sosial media.

4. Ibu Setengah Profesi

Meskipun peran sebagai ibu sudah melekat dalam diri mereka, namun tipe ibu ini akan selalu mendefinisikan dirinya sebagai wanita bebas. Dia tidak ingin kebebasan itu direnggut setelah memiliki anak. Oleh karena itu, dia akan mengasuh anaknya untuk tumbuh mandiri dengan cepat. Saat anak-anak mandiri, dia berpikir tidak akan direpotkan lagi dengan profesi sebagai ibu sepenuh waktu.

5. Ibu Sinis

Meskipun anaknya sudah melakukan yang terbaik di kelas, namun tipe ibu ini akan menyampaikan hal-hal sebaliknya. Dia akan selalu mencari-cari kekurangan anaknya dan membuat teman-teman dan guru menggeleng-gelengkan kepala. Ibu yang satu ini tidak akan pernah sanggup jika orang lain menyanjung anak-anaknya.

6. Ibu Koki

Memiliki tipe ibu seperti ini tentu akan sangat menyenangkan karena di pagi hari dia akan siap membekali anak-anaknya dengan sarapan sehat seperti selai, roti, pasta dan kue. Dia adalah ibu yang melakukan segala sesuatu di rumah. Dia tidak keberatan menghabiskan berjam-jam di dapur agar anaknya bisa membawa bekal spesial ke sekolah.

7. Ibu yang Khawatiran

Ibu yang satu ini akan segera panik jika mendengar anaknya berkelahi atau melihat ada bekas luka di bagian tubuh sang anak. Memang wajar jika para ibu merasa cemas akan anak-anak mereka. Tetapi menjadi cemas berlebihan juga tidak baik. Karena selain hanya membuat banyak orang panik, sifat khawatiran ini juga akan menganggu anak.

8. Ibu Fashionable (trendy)

Saat menghadiri pesta, Anda bisa menemukan beberapa tipe ibu-ibu seperti ini; berpakaian fashionable, anggun dan terlihat sempurna. Dia akan selalu memperhatikan penampilan kemanapun pergi. Mulai dari gaya rambut, pakaian, sepatu sampai aksesoris. Dia adalah tipe ibu masa kini yang mengundang kesirikan dari ibu-ibu lain yang kurang memikirkan penampilan.

9. Ibu yang Suka Shopping

Seorang ibu shopaholic atau suka berbelanja akan terlihat lebih sering di mal daripada di rumah. Dia tahu tentang berbagai toko yang menjual kebutuhan anak-anak dan bahkan tentang toko yang baru dibuka. Dia lebih tahu dimana Anda bisa menemukan gaun mewah yang lebih murah atau menemukan pakaian etnis dan aksesoris yang unik. Dia adalah tempat untuk bertanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan shopping.

Terlepas dari beragam tipe ibu yang dijelaskan di atas, semoga Anda tetap menjadi ibu yang memprioritaskan anak dan mengasuh mereka dengan cara yang tepat.

Sumber : Indiatimes.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami