Akali Anak Supaya Semangat Sekolah Dengan 5 Cara Ini

Akali Anak Supaya Semangat Sekolah Dengan 5 Cara Ini

Lori Official Writer
6746

Apakah si kecil mendadak malas sekolah dan selalu mencari-cari alasan untuk absen? Masalah ini memang akan dihadapi hampir setiap orangtua. Tentunya, sulit sekali meyakinkan anak jia mood belajarnya sudah mulai tidak baik.

5 tips ini bisa Anda terapkan guna membantu anak-anak Anda kembali bersemangat sekolah:

1. Temani anak pergi ke sekolah

Menemani sekaligus mengantarkan anak ke sekolah. Jika anak masih tetap nggak pergi ke sekolah, opsi terakhir adalah menemani anak selagi mereka belajar. Anda bisa juga menanyakan kondisi anak di kelas kepada guru atau wali murid supaya Anda tahu ada masalah apa sebenarnya terjadi denga anak.

2. Libatkan anak membeli peralatan sekolah

Libatkan anak saat hendak membeli kebutuhan sekolah yang diperlukan, seperti mengajaknya membeli buku pelajaran, alat tulis, seragam olahraga, dan sebagainya.

3. Beli perlengkapan sekolah baru

Membeli setidaknya satu kebutuhan sekolah baru untuk anak akan bisa memotivasi mereka. Baik itu tas sekolah, tempat makan, kotak pensil, botol minum atau alat tulis. Jika dia suka dengan mainan superhero, belikan dia mainan tersebut. Berikan itu sebagai hadiah dan minta agar anak berjanji mau sekolah dan rajin belajar.

4. Adakan acara

Anda bisa membuat dia semakin dekat dengan teman-temannya dengan merencanakan sebuah acara di rumah. Undang teman-teman sekolahnya untuk datang dan menikmati acara seru yang Anda sudah rancang. Hal ini bisa menjadi ide sukses untuk membuat anak kembali bersemangat untuk sekolah.

5. Ceritakan hal-hal seru tentang sekolah

Hanya duduk dan bercerita kepada anak tentang keseruan yang biasanya terjadi di sekolah bisa menjadi cara membangkitkan kembali semangat anak. Ceritakan juga tentang topik-topik menarik tentang kegiatan tahunan sekolah yang begitu menyenangkan. Ibarat seperti promosi, cerita Anda yang meyakinkan akan membuatnya penasaran dan ingin merasakannya sendiri.

Setiap masalah pasti punya jalan keluarnya sendiri. Jadi jangan menyerah apabila anak Anda mulai tidak bersemangat menjalani aktivitas sekolahnya. Jadilah penyemangat dan pendukung mereka!

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami