Riset Buktikan Menghadiri Ibadah Bersama Perkuat Hubungan Suami Istri
Sumber: preparedforthat.co

Marriage / 9 September 2016

Kalangan Sendiri

Riset Buktikan Menghadiri Ibadah Bersama Perkuat Hubungan Suami Istri

Budhi Marpaung Official Writer
7300
Sebuah studi yang baru-baru ini dirilis menunjukkan bahwa pasangan yang menghadiri gereja bersama-sama secara teratur memiliki tingkat kepuasan hubungan yang lebih tinggi dibandingkan pasangan yang tidak melakukannya. Studi yang diberi judul Better Together: Religious Attendance, Gender and Relationship Quality dirilis oleh Institute for Family Studies, dengan sampel survei berjumlah 1.600 orang dewasa rentang usia 18-59 tahun.

Penelitian Institute for Family Studies menemukan

• 78 persen pasangan yang menghadiri gereja bersama-sama dilaporkan menjadi "sangat senang" atau "begitu sangat senang" dengan hubungan mereka.

• Pada pasangan di mana hanya pria yang menghadiri gereja secara teratur, 78 persen mengatakan mereka "sangat senang" atau "begitu sangat senang" dengan hubungan mereka.

• 67 persen pasangan di mana pasangan tidak ada yang tidak satu pun menghadiri gereja dilaporkan menjadi sangat atau begitu sangat bahagia dalam hubungan mereka.

• Pada pasangan di mana hanya wanita menghadiri menghadiri gereja secara teratur, 59 persen persen melaporkan menjadi sangat atau begitu  sangat senang.


Tapi tunggu, masih ada lagi. Ketika pasangan datang dalam kegiatan keagamaan, peneliti menemukan bahwa prediktor terkuat kepuasan hubungan ketika mereka sharing doa. Pasangan yang melaporkan sering berdoa bersama-sama (sekitar sekali seminggu atau lebih), 17 persen mengaku sangat senang bersama-sama daripada pasangan yang jarang berdoa bersama.


Apa yang Bisa Dilakukan oleh Pasangan

• Penelitian ini jelas menunjukkan bahwa jika Anda ingin membangun sebuah pernikahan yang lebih memuaskan, hadiri gereja secara teratur bersama-sama.
• Jika Anda ingin pernikahan Anda ke tingkat kepuasan berikutnya, berdoa bersama secara rutin bersama pasangan.

• Dua langkah tindakan ini mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan untuk beberapa pasangan, jadi jika pasangan Anda tidak terlalu tertarik untuk menghadiri gereja atau berdoa bersama-sama, jangan memaksa dia, dan jangan berharap terlalu banyak, termasuk berharap terlalu cepat. Sebaliknya bersabarlah, ambil langkah-langkah kecil, dan berdoa bahwa Tuhan akan bekerja dalam hidup pasangan Anda.

Berikut adalah beberapa ide agar pasangan Anda suka beribadah dan berdoa bersama:

o Undang pasangan Anda ke acara gereja yang menyenangkan.

o Undang pasangan Anda ke ibadah khusus gereja (Paskah atau Natal).

o Minta pasangan Anda untuk ikut hadir ke gereja bersama Anda sebulan sekali.

o Cari cara sederhana untuk melayani di gereja dan kemudian minta pasangan Anda untuk membantu Anda sesekali.

o Tawarkan doa sederhana dan singkat pada waktu makan.

o Tawarkan bantuan doa dengan terbuka dan suara yang bisa didengar jelas saat pasangan Anda mengalami masalah/persoalan.


Membangun kebiasaan yang baik dan juga benar di dalam rumah tangga akan selalu membawa dampak positif. Keluarga yang harmonis bukan lagi hanya sebuah angan, tetapi kenyataan.

Sumber : cbn.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami