Paus Fransiskus Terima Hadiah Khusus dari Mark Zuckerberg

Paus Fransiskus Terima Hadiah Khusus dari Mark Zuckerberg

Lori Official Writer
3457

Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg menggelar kunjungan ke Vatikan, Italia pada Minggu, 28 Agustus 2016. Sehari setelah tiba, Mark bersama istrinya Priscilla Chan menggelar pertemuan dengan pemimpin gereja Katolik Paus Fransiskus di kediamannya di Santa Marta, Vatikan.

Pertemuan ini berisi agenda pembahasan soal penggunaan teknologi komunikasi untuk mengentaskan kemiskinan. Sesaat setelah perbincangan tersebut, Mark lalu menghadiahi paus sebuah miniatur Aquila, pesawat bertenaga surya yang bisa digunakan sebagai jaringan pemancar internet. Hadiah istimewa itu merupakan tanda kenangan pertemuan yang mereka gelar tersebut.

“Kami mengatakan kepadanya, betapa kami mengagumi pesan berkat dan kelembutan hatinya, dan bagaimana dia menemukan cara-cara baru dalam berkomunikasi dengan orang-orang berbeda keyakinan di seluruh dunia,” tulis Mark di akun Facebooknya.

Di mata Mark Zuckerberg, pemimpin gereja Katolik tersebut adalah sosok yang begitu hangat dan murah hati. Selain itu, dia juga memiliki kepedulian yang besar terhadap banyak orang. Itu sebabnya Mark tertarik membahas tentang kemungkinan besarnya peluang komunikasi terhadap pengentasan kemiskinan dan media untuk menyampaikan pesan harapan bagi semua orang. Mark dan Priscilla yang beberapa waktu telah memutuskan untuk menyumbangkan 90 % dari kekayaan mereka untuk mengentaskan kemiskinan dan kesehatan menilai penting sekali mendiskusikan peran besar teknologi bersama paus.

Kendati bukan merupakan bagian dari generasi melek internet. Namun Paus Fransiskus adalah sosok yang terbuka dengan perubahan dan perkembangan jaman. Dia bahkan pernah menyampaikan bahwa internet sebagai ‘hadiah dari Tuhan’ karena berperan besar dalam menciptakan ‘persatuan dan solidaritas’. Atas keterbukaan itulah, Paus melakukan terobosan besar dengan menjalankan strategi komunikasi digital untuk pertama kalinya di Vatikan. Dia dipuji sebagai pengguna Twitter paling berpengaruh di antara pemimpin dunia. Dan tak ketinggalan, paus bahkan secara resmi meluncurkan akun Instagram-nya sejak bulan Maret 2016 lalu dan telah memiliki sekitar 3 juta pengikut. 

Sumber : CT/DM

Ikuti Kami