Popok Kain Atau Popok Sekali Pakai, Mana Yang Aman?

Popok Kain Atau Popok Sekali Pakai, Mana Yang Aman?

Mega Permata Official Writer
1767

Para orangtua harus pintar-pintar memilih yang terbaik diantara yang paling baik termasuk dalam memilih popok si kecil. Sering kali para ibu-ibu muda yang baru pertama kali memiliki anak, kebingungan dalam memilih popok menyambut kelahiran si kecil. Ada dua jenis popok yang tersedia untuk si kecil yaitu popok kain dan popok sekali pakai. Nah, ini baik buruknya dari masing-masing popok dan Anda bisa tentukan sendiri.

Untuk popok kain sendiri tersedia dengan banyak pilihan. Kalau dulu berupa selembar kain dengan tali diujungnya, kini popok kain lebih modern yang biasa disebut clodi. Berbentuk seperti celana umumnya dengan kancing sebagai perekatnya serta dilengkapi dalaman yang berfungsi untuk menyerap kotoran si kecil. Kelebihan dari popok kain ini atau cloth diapers pertama adalah si kecil aman dari ruam popok atau bekas kerutan popok pada umumnya, tidak mudah iritasi, ramah lingkungan, dan dapat memudahkan mengajar si kecil untuk potty training, sehingga lebih cepat menanggalkan ketergantungan terhadap popok.

Sementara kekurangan dari popok kain adalah harganya yang cukup mahal, tidak tahan bocor, tidak cukup praktis bila untuk bepergian, dan menghabiskan waktu lebih banyak untuk mencucinya.

Selanjutnya untuk popok sekali pakai seperti pada umumnya yang kita ketahui,  popok jenis ini dikenal karena kemudahnya yang menghemat waktu si ibu dalam mengurus si kecil. Selain itu, keuntungannya yang lain adalah harga yang relatif murah, praktis, tidak mudah bocor, ukuran popok bisa disesuaikan dengan usia dan berat badan si kecil. 

Namun, kekurangan dari popok ini membuat para ibu menjadi tenang sehingga para ibu jarang menggantikan popok si kecil. Akibatnya apabila terlalu lama tidak diganti bisa menyebabkan iritasi pada si kecil. Kemudian popok jenis ini tidak ramah lingkungan dan otomatis membuat si kecil susah belajar untuk potty training karena ketergantungan dari popok sekali pakai ini. 

Menurut sebuah studi dari University of Kiel, kebanyakan dari popok sekali pakai ini mengandung lateks, parfum dan perwarna yang bisa memicu reaksi alergi pada si kecil. Studi ini juga membeberkan bila popok sekali pakai dapat mengurangi ruang kulit untuk bernapas sehingga kelembapan terjadi di sekitar area kelamin si kecil dan akan memberikan efek buruk.

Dengan demikan para peneliti pun menyimpulkan bahwa popok kain lebih aman dan nyaman untuk si kecil dibanding dengan popok sekali pakai. Namun, jika Anda bepergian dengan si kecil dan jika terpaksa, popok sekali pakai tetap bisa menjadi pilihan Anda.

Sumber : Theasianparent/Kompas.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami