Ini Makna Kemerdekaan Menurut  Seorang Ahok

Ini Makna Kemerdekaan Menurut Seorang Ahok

Puji Astuti Official Writer
3845

Tepat pada hari ini Indonesia merayakan peringatan kemerdekaannya yang ke 71. Kemerdekaan bangsa ini tidak didapat dengan mudah, bukan pula sebuah hadiah, namun hasil perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan harta, benda bahkan nyawa mereka. Kemerdekaan yang harganya mahal ini tentu memiliki makna tersendiri bagi setiap rakyat Indonesia, demikian juga dengan Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama. 

Pria yang akrab disapa Ahok tersebut mengungkapkan bahwa kemerdekaan baginya adalah, "Kalau kita bisa, semua orang bebas menyuarakan suara kebenaran."

Pernyataan yang dikutip oleh Merdeka.com itu Ahok lontarkan pada Selasa, (16/8/2016) lalu saat berada di Balaikota Jakarta. Ia menambahkan, orang yang hidup dalam kemerdekaan juga harus bisa menyampaikan kebenaran dengan rasa aman. 

"Merasa aman dan bisa mewujudkan keadilan, nah itu penting," demikian tegas Ahok.

Walau bebas untuk menyampaikan suara kebenaran, namun Ahok juga mengingatkan bahwa semuanya tetap harus dalam koridor hukum yang berlaku di negeri ini. 

"Jadi buat saya kemerdekaan yang hakiki itu kemerdekaan manusia bisa menyuarakan kebenaran tanpa diancam, tanpa ditindak. Sesuai undang-undang," demikian simpul Ahok tentang makna kemerdekaan menurutnya. 

Seperti yang disampaikan oleh Gubernur Basuki T Purnama, kemerdekaan adalah hal yang hakiki dalam kehidupan manusia. Untuk itu sangat penting menggunakan kemerdekaan yang saat ini dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia dengan benar. Selain itu Firman Tuhan juga mengingatkan kita untuk tidak menyalahgunakan kemerdekaan itu, sebagaimana tertulis dalam 1 Petrus 2:16-17 , "Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah. Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!" 

Selamat merayakan HUT RI ke 71, MERDEKA!

Sumber : Merdeka.com | Jawaban.com

Ikuti Kami