5 Cara Membuat Batasan Pada Kehidupan Pekerjaan Anda
Sumber: http://www.entrepreneur.com

Finance / 5 August 2016

Kalangan Sendiri

5 Cara Membuat Batasan Pada Kehidupan Pekerjaan Anda

Mega Permata Official Writer
8139

Dalam bidang pekerjaan apapun semuanya tak akan terlepas dari kesibukan. Tiada hari tanpa kesibukan. Kadang kala kita menikmatinya dan kadang kala kita kewalahan  sehingga akhirnya pekerjaan yang lain tak tertangani dengan baik. Salah satu mengatasi yang perlu dipelajari adalah dengan memberi batasan, dengan cara sebagai berikut:

Pertama, mengurangi Waktu kerja Anda

Kita bisa menghabiskan kurang lebih 40 jam dalam seminggu untuk bekerja. Jika Anda bisa melakukan dan menyelesaikan pakerjaan selama 20 jam dalam seminggu dengan cara fokus atau tidak membuang-buang waktu saat bekerja maka Anda bisa memberi waktu untuk melakukan hal yang lain. Jadi berikan batas waktu ditiap pekerjaan Anda.

Kedua, mengatur rutinitas pagi Anda

Bangun lebih pagi tidak hanya dibutuhkan untuk mengatur diri Anda menjadi pemenang. Hal yang paling penting dari sekedar bangun pagi adalah apa yang Anda lakukan di saat pagi hari. Ada sebuah cara yang bagus untuk Anda ingat dan sangat berguna untuk Anda lakukan di tiap pagi, yaitu melakukan P.R.E.S.E.N.T. Artinya adalah sebagai berikut; Pray (berdoa meminta arahan dari Tuhan); Read (baca Alkitab dan Firman Tuhan); Express (tuangkan yang Anda pikirkan disebuah kertas); Schedule (buatlah jadwal selama seharian); Exercise (latihan berolahraga); Nourish (makan makanan sehat); Track (buat catatan pencapaian yang telah Anda lakukan dihari tersebut/ apa saja yang telah berhasil Anda lakukan). 

Ketiga, sediakan waktu istirahat dan gunakan dengan baik

Batasan memang cukup sulit untuk dijalankan, salah satunya yang paling susah dijalani adalah saat untuk istirahat Anda. Terkadang kita masih menggunakan waktu istirahat kita dengan bermain media sosial atau masih menyibukkan dengan pekerjaan. Jika itu waktunya istirahat gunakanlah untuk istirahat atau makan siang, jangan melakukan hal yang membuang waktu Anda dan pada akhirnya membuat Anda menyesal dan kelelahan. 

Keempat, siapkan terlebih dahulu

Anda perlu untuk menyiapkan atau merencanakan terlebih dahulu. Hindari  selalu tergesa-gesa atau mendadak. Dengan Anda menyiapkannya maka pekerjaan Anda terasa lebih mudah dan cepat selesai, tetapi bila Anda mendadak dan tidak ada persiapan maka waktu Anda akan terbuang habis, dan akhirnya pekerjaan Anda menumpuk.

Kelima, memberitahu orang lain

Jika Anda ingin fokus pada pekerjaan dan cepat selesai, Anda bisa memberitahu teman, rekan kerja atau keluarga Anda bahwa Anda sedang tidak bisa diganggu untuk sementara. 

Nah, dengan kelima batasan-batasan ini semoga dapat membantu Anda bekerja lebih mudah, lebih cepat dan waktu  Anda tidak habis sia-sia. Pada akhirnya Anda bisa memiliki waktu lebih untuk  melakukan hal yang lain dan bisa lebih menghargai waktu.

Sumber : crosswalk/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami