Enam Alasan Kegiatan Ekstrakurikuler Itu Penting Bagi Anak Anda

Parenting / 3 August 2016

Kalangan Sendiri

Enam Alasan Kegiatan Ekstrakurikuler Itu Penting Bagi Anak Anda

Mega Permata Official Writer
3271

Apakah Anda orangtua melarang anak-anak tersayang Anda berkegiatan di luar jam sekolah? Atau mungkin Anda khawatir kemudian berpikir lebih baik belajar dan bermain di rumah saja sepulang dari sekolah? Kegiatan di luar sekolah atau kegiatan ektrakurikuler baik dari program sekolah atau usulan dari Anda sendiri, tampaknya memang penting bagi anak-anak sekolah. Kegiatan ektrakurikuler dapat melatih tumbuh kembang anak-anak, baik mental ataupun fisik mereka. Jadi, para orangtua tidak perlu khawatir dengan hal ini, Anda masih bisa mengawasi dan cukup dengan mendukungnya. Berikut beberapa alasan mengapa kegiatan ekstrakurikuler penting untuk anak-anak:

Pertama, Mendapatkan pengetahuan lebih

Sebagus apapun sekolah itu tetap memiliki batas atau kelemahan dalam mengajarkan anak-anak. Sekolah dan guru tidak bisa fokus pada satu anak saja. Selain itu pengetahuan juga bisa didapatkan dari luar sekolah, salah satunya kegiatan ekstrakurikuler. Seperti; les tambahan, belajar olahraga yang lebih spesifik, belajar musik atau menari. Mereka mendapatkan pengetahuan lebih dan juga dapat membantu mereka dengan tugas sekolah mereka.

Kedua, Membantu menghilangkan stress

Padatnya mata pelajaran ditiap hari atau banyaknya tugas-tugas sekolah otomatis membuat anak-anak Anda kelelahan berpikir atau bosan. Dengan ikut kegiatan ekstrakurikuler  atau kegiatan di luar jam sekolah akan membuat anak-anak Anda terhindar dari stress atau beban pikiran. Bahkan anak kecil, mereka belajar dengan cara bermain, jadi, jangan memaksakan kehendak atau menuntut pada mereka.

Ketiga, Membantu mereka menemukan hal yang baru dalam dirinya

Kegiatan ekstrakurikuler membantu memperluas wawasan anak-anak Anda. mereka akan cenderung menyadari bahwa diawal kehidupan selalu ada pilihan lain selain karir mapan dan memberikan kepercayaan diri mereka untuk mencoba hal yang berbeda dalam hidupnya.

Keempat, Membuat dirinya menjadi lebih kreatif

Kegiatan ekstrakurikuler adalah awal permulaan rutinitas dari semua anak-anak. Anak-anak Anda sekarang telah memiliki hari produktifnya sendiri. Tapi ingat jangan terlalu mengekang kegiatannya. Berikan mereka tanggung jawab untuk pendidikan dan kegiatannya tersebut. Tetap awasi perkembangan mereka di sekolah dan kegiatan tambahannya.

Kelima, Memiliki banyak teman dan mudah beradaptasi

Ketika seorang anak diperkenalkan dengan hal-hal baru dan berbeda, mereka disiapkan untuk beradaptasi dengan segara. Ini juga akan mengantarkan mereka ke dalam aspek-aspek lain dari kehidupan mereka nanti. Selain mereka mendapatkan banyak teman, mereka akan menjadi pribadi yang lebih terbuka dan berbakat pada hal-hal lainnya.

Keenam, Memberikan waktu lebih pada Anda dan memperkuat hubungan orangtua dan Anak

Keuntungan lain anak-anak Anda ikut kegiatan ektrakurikuler, Anda bisa menikmati waktu atau memberikan ruang untuk Anda melakukan hal lain. Hal ini baik untuk Anda lebih santai dan Anda sendiri dalam suasana hati yang lebih baik sehingga Anda dapat menangani anak Anda dengan tenang.

Nah, itulah beberapa hal penting untuk anak Anda mengikuti kegiatan ektrakurilkuler di luar jam sekolah. Jangan membatasi kegiatan mereka, memaksa atau menuntut mereka. Biarkan anak-anak Anda berkarya dan selalu berikan pengawasan serta dukungan.

Sumber : Magforwomen.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami