Waligereja Perancis Serukan untuk Puasa Pasca Kepergian Pendeta Ini

Waligereja Perancis Serukan untuk Puasa Pasca Kepergian Pendeta Ini

Mega Permata Official Writer
2673

Pasca teror, penyerangan dan pembunuhan yang menewaskan seorang pendeta bernama Jacques Hamel (86) di sebuah gereja Katolik Saint-Etienne de Rouvray, di Perancis Utara, Normandia, Selasa (26/7). Waligereja Katolik Perancis kemudian menyerukan hari untuk berpuasa yaitu pada hari Jumat dalam menanggapi dan menghormati kepergian Pendeta Jacques Hamel.  

“Saya mengundang semua umat Katolik Perancis untuk berpartisipasi dengan sehari berpuasa dan berdoa bagi negara kita dan bagi perdamaian dunia di Jumat ini,” ucap Olivier Ribadeau Dumas selaku sekretaris jenderal dari Konferensi Keuskupan Perancis.

Dumas menambahkan, “Seorang pendeta adalah simbol perdamaian dan persaudaraan dan ia adalah seorang pendeta senior, lebih dari 50 tahun menjadi pendeta di Perancis, jadi, kita bersedih dan terkejut dengan hal ini,” lanjut Dumas, seperti dilansir Christianheadlines.com.

Dumas juga menyerukan untuk tetap berdialog dengan orang-orang berbeda keyakinan yang berada di Perancis, “Kita adalah sesuatu yang sangat kuat juga. Kita ingin mempertahankan dan mengembangkan dialog antar orang yang berbeda di negara kita. Kita perlu perdamian, kita perlu persaudaraan, kita perlu membangun sebuah masyarakat dimana orang-orang saling mengasihi dan kita akan tetap terus menjalani ini. Gereja Katolik Perancis menginginkan bahwa kita harus melihat cakrawala, cakrawala perdamian, sukacita, persaudaraan dan doa. Kita berakar dari iman kita dan dalam Kristus dan kita percaya bahwa kejahatan dan kekerasan tidak berkuasa,” jelas Dumas.

Pendeta Jacques Hamel ternyata semasa hidupnya dikenal sebagai sosok murah hati oleh komunitas muslim setempat. Jacques Hamel salah satunya sangat berjasa dalam membantu pembangunan masjid Jami Saint-Etienne (BACA: Pendeta Prancis yang Dibunuh ISIS Ternyata Bantu Pembangunan Masjid).

Sumber : ChristianToday/Christianheadlines/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami