Ini Buktinya Pengaruh Kuat Dari Suara Ibu Terhadap Perkembangan Anak
Sumber: Google

Parenting / 20 July 2016

Kalangan Sendiri

Ini Buktinya Pengaruh Kuat Dari Suara Ibu Terhadap Perkembangan Anak

Mega Permata Official Writer
5177

Ada saat-saat dimana sang anak dapat merasa seperti mendengar suara ibunya di dalam kepalanya sendiri. Sekarang ini para ilmuwan telah menemukan kehebatan dari suara ibu atas perkembangan anak-anak mereka. 

Sebuah studi baru dari Standford University School of Medicine mempelajari bagaimana anak bereaksi terhadap suara ibunya dibanding dengan suara yang bukan ibu kandungnya. Sama seperti melibatkan bagian otak yang bertanggung jawab untuk memproses suara, suara ibu juga dapat merangsang aktivitas yang melibatkan emosi, fungsi sosial, proses menghargai, pengenalan wajah dan cara mereka mendeteksi pribadi secara relevan untuk mereka. 

Kemampuan anak berkomunikasi secara sosial, dipengaruhi oleh bagaimana ia bereaksi terhadap suara ibunya. “Banyak kemampuan sosial manusia, kecerdasan berbahasa dan memproses emosi tercipta dan dipelajari anak saat mendengarkan suara ibu mereka,” ucap instruktur Stanford, Daniel Abrams, PhD.

Dalam studi tersebut, 24 anak berusia 7 hingga 12 tahun, menjalani scan otak (MRI) sambil mendengarkan klip pendek dari rekaman suara yang mengucapkan kata tidak bermakna kepada tiap anak. Beberapa dari ibunya dan yang lain dari orang asing. Dengan waktu yang sebentar, anak-anak dapat mengidentifikasikan suara ibu kandungnya dengan baik sekitar 97 persen akurat.

“Kita tahu bahwa mendengar suara ibu bisa menjadi peran penting dari fungsi emosional kepada anak-anak,” tambah Abrams. Penemuan ini memperkuat studi di tahun 2010, dimana ada seorang remaja yang stress dan akhirnya ditenangkan oleh suara ibunya lewat telepon, karena percakapan itulah membantu mengurangi hormon stress remaja itu. Sekarang kita tahu bahwa mendengar suara ibu itu berpengaruh pada perkembangan anak kita maka tetap berhati-hati dalam berbicara dan mendidik mereka.

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami