Lindungi Anak Anda Dari Kecanduan Game Online Dengan 7 Tips Jitu Ini
Sumber: Google

Parenting / 13 July 2016

Kalangan Sendiri

Lindungi Anak Anda Dari Kecanduan Game Online Dengan 7 Tips Jitu Ini

Mega Permata Official Writer
7045

Tidak bisa dipungkiri bermain game online saat ini sudah menjadi gaya hidup bukan lagi hanya untuk semata-mata hiburan. Baik anak kecil hingga orang dewasa pun susah untuk melepaskan game online ini. Game online merupakan salah satu kemajuan perangkat teknologi permainan. Orangtua masa kini juga mendukung penyebab anak-anak kecil mereka aktif bermain dengan gadget bahkan tidak bisa lepas. Seringkali bila anak menangis atau tidak bisa diam, kita sering memberikan perhatian dengan permainan di gadget atau game online lainnya. Nah, bagaimana bila anak-anak kesayangan Anda kerajingan atau kecanduan game online dari gadget Anda? Ini dia beberapa tips mencegah buah hati Anda kecanduan Game Online;

Pertama, Bermain Game Online Boleh Saja Asal…

Bermain game online boleh saja asal sudah menyelesaikan tanggung jawabnya di sekolah. Anda bisa menganjurkan mereka untuk bermain game online hanya setelah tugas sekolah selesai dikerjakan. Adapun cara lain yaitu Anda hanya memperbolehkan mereka bermain game online pada saat weekend, itu juga dalam batasan Anda. 

Kedua, Berikan Batas Waktu Bermain

Selanjutnya, Anda bisa mengatasi kecanduan game dengan membatasi jam bermain mereka. Katakan padanya berapa jam yang diizinkan untuk dia bermain. Jangan biarkan mereka bermain dengan jangka waktu relatif lama. Caranya adalah memberikan alarm di dekatnya sebagai peringatan waktu bermain.

Ketiga, Jadikan Sebagai Hak Istimewa

Jadikan akses mereka untuk bermain game online sebagai hak istimewa dan bukan menjadi hak otomatis atau disengaja.

Keempat, Alihkan ke Aktifitas Lain

Anda dapat mengalihkan kecanduannya dengan menjajak anak-anak bergabung dalam kegiatan positif, seperti kursus musik, bahasa, tata boga, photography dan lain-lain. Termasuk menyalurkan bakat hobinya.

Kelima, Ekstrakulikuler Sekolah

Tiap sekolah pasti memiliki kegiatan ekstrakulikuler yang wajib bagi anak didiknya untuk ikut. Ajak anak Anda untuk ikut kegiatan sekolah itu seperti berenang, teater, menari, atau basket. Hal ini berfungsi untuk mengurangi dan melupakan kecanduan mereka dalam bermain game online.  

Keenam, Ikut Kegiatan Agama

Salah satunya berikan dorongan semangat anak-anak Anda terlibat dalam organisasi gereja seperti pelayanan di gereja. Ajak anak Anda ikut dalam kegiatan remaja atau pemuda di gereja tempat ibadah Anda. Selain fisik dan mental, rohani juga mampu membuat mereka menjadi anak yang berkarakter Kristus, dan mengajarkan tahu mana yang buruk serta yang baik.

Ketujuh, Amankan Perangkat Game dari Jangkauan Anak

Salah satu alternatif lainnya adalah dengan mengamankan perangkat game. Jangan berikan perangkat game, gadget, PC, Laptop dan lainnya ada di kamar sang anak. Sebisa mungkin simpan atau kunci dengan password agar jauh dari jangkauan anak Anda. 

Butuh proses untuk anak-anak Anda tidak lagi kecanduan Game Online. Dengan demikian tetap dampingi dan awasi terus kegiatan bermain anak Anda. Anda dan keluarga harus bekerja sama untuk mewujudkan kebersamaan demi masa depan anak-anak kesayangan Anda. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami