Jelang Ramadan, Dunia Digempur 8 Serangan Teror
Sumber: www.indopos.co.id

Internasional / 6 July 2016

Kalangan Sendiri

Jelang Ramadan, Dunia Digempur 8 Serangan Teror

Lori Official Writer
3093

Ketakutan tampaknya mulai melanda masyarakat dunia setelah serangkaian serangan teror dan bom bunuh diri terjadi sejak sepekan menjelang perayaaan hari besar Ramadan. Kelompok teroris ISIS diklaim kuat sebagai pelaku serangan. Ancaman yang dilayangkan ISIS beberapa bulan silam tampaknya bukan main-main karena ISIS bahkan mengaku bertanggung jawab atas sejumlah teror yang terjadi belakangan ini di berbagai belahan negara.

Berikut delapan teror bom yang terjadi sepekan terakhir menjelang Ramadan.

1. Yordania

Sedikitnya enam anggota pasukan keamanan Yordania tewas pada 21 Juni dalam serangan bom mobil bunuh diri di perbatasan Suriah. Bom mobil, yang digambarkan pemerintah Jordan sebagai "serangan teroris pengecut," ini menewaskan empat penjaga perbatasan, seorang pekerja pertahanan sipil dan seorang pejabat keamanan nasional, kata pernyataan militer. Pemerintah Yordania menduga bahwa ini adalah serangan oleh militan ISIS. Amaq, lembaga media yang ISIS, dilaporkan mengatakan tindakan itu dilakukan oleh seorang pejuang ISIS. Dewan Keamanan PBB mengecam serangan itu.

2. Lebanon

Enam orang tewas dan 19 lainnya luka-luka menyusul serangkaian serangan bom bunuh diri di daerah Lebanon utara, dekat perbatasan dengan Suriah. Menurut Kantor Berita Nasional Lebanon insiden pertama terjadi sekitar pukul 04:20 pagi Senin lalu ketika seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di luar sebuah rumah di desa QAA, di negara Bekaa Valley.

Tiga penyerang lainnya kemudian meledakkan diri mereka ketika tim penyelamat dan penduduk setempat berkumpul di tempat kejadian.

3. Yaman

Sedikitnya 42 orang, sebagian besar tentara dan satu anak, tewas ketika penyerang meledakkan empat bom mobil bunuh diri di Mukalla, Yaman, senin lalu. Setidaknya 30 orang terluka, 25 di antaranya petugas keamanan dan lima warga sipil. Salah satu serangan yang menargetkan kompleks militer di dekat gedung intelijen pemerintah. Yang lain ditargetkan di pos pemeriksaan militer.

4. Turki

Teroris menyerbu Ataturk Airport Istanbul pada hari Selasa, menewaskan 44 orang dan melukai ratusan. Belum ada klaim tanggung jawab tapi lagi-lagi ISIS dicurigai dan serangan ini menyerupai bom bunuh diri di bandara Brussels Maret lalu yang dilakukan ISIS.

5. Bangladesh

Sejumlah pria bersenjata menyerang restoran di Dhaka, Bangladesh dan mengambil sandera. Serangan ini menewaskan 20 pengunjung restoran dan dua petugas polisi pada Jumat malam dan Sabtu pagi sebelum pihak berwenang menyerbu restoran dan mengakhiri kebuntuan itu. Serangan itu menewaskan banyak warga asing dari seluruh dunia, termasuk Italia, Jepang, India, Bangladesh dan Amerika.

6. Irak

Sebuah bom truk bunuh diri meledak di sebuah distrik perbelanjaan di Baghdad pada Sabtu malam, menewaskan sedikitnya 125 orang, termasuk 25 anak-anak dan 20 wanita. Serangan ini juga melukai 147 orang.

7. Arab Saudi

Tiga serangan bom bunuh diri terjadi di Arab Saudi, tepatnya di Madinah, Qatif dan Jeddah terjadi pada Senin (4/7) sore. Bom bunuh diri di kawasan Masjid Nabawi Madinah menyebabkan tiga orang tewas. Di antaranya dua petugas keamanan masjid Nabawi dan seorang pelaku bom bunuh diri. Sementara bom juga terjadi di dekat gedung Konsulat AS di Jeddah. Petugas keamanan Arab Saudi menyebutkan pelaku bom memarkir mobilnya dekat konsulat AS dan meledakkan mobil itu sehingga menyebabkan dua orang terluka dan satu tewas.

Sementara di Kota Qatif, seorang pelaku bom bunuh diri juga meledakkan diri. Namun tidak ada korban tewas maupun luka.

8. Indonesia

Seorang pelaku bom bunuh diri tewas setelah meledakkan dirinya di halaman kantor Mapolresta Solo, Jawa Tengah pada Selasa (5/7) pukul 07.35 WIB. Pihak polisi mengatakan bahwa terduga pelaku bom bunuh diri tewas di tempat akibat ledakan bom, sementara seorang petugas polisi mengalami luka ringan. kejadian itu terjadi ketika ada seorang yang diduga pelaku memaksa hendak masuk Mapolresta Surakarta dengan menggunakan sepeda motor. Dia lalu tiba-tiba memaksa dan menerobos sampai dikejar anggota polisi. Tepat di depan SPKT ledakan pun terjadi.

Serangan ini memang terbilang unik karena hampir di setiap teror memiliki ciri serangan yang serupa yaitu bom bunuh diri. Hal ini tentu saja menjadi sebuah peringatan dan ancaman besar bagi dunia, khususnya saat ketika kelompok ISIS beraksi di saat umat beragama di seluruh dunia merayakan hari besar keagamaannya.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami