ISIS Akui Sebagai Pelaku Penembakan Pendeta Koptik Mesir

Internasional / 2 July 2016

Kalangan Sendiri

ISIS Akui Sebagai Pelaku Penembakan Pendeta Koptik Mesir

Lori Official Writer
2995

Kelompok teroris ISIS, dalam akun media sosialnya, mengaku bertanggung jawab atas penembakan brutal pendeta Koptik Raphael Moussa yang terjadi pada Kamis, 30 Juni 2016 kemarin. ISIS menyampaikan dalam postingannya bahwa Pendeta Moussa disebut sebagai ‘anggota kafir’. Namun postingan itu tidak secara gamblang menyebutkan penembakan tersebut adalah ulah anggota mereka.  

Serangan ini menjadi serangkaian serangan yang dihadapi umat Kristen Koptik di Sinai Utara. Para pemimpin gereja bahkan mengatakan sekitar delapan anggota gereja tewas dalam serangan yang terjadi sejak 2013 silam. Ancaman itu juga menyebabkan umat Kristen harus melarikan diri dari daerah asalnya.

Moussa bukan pastor Koptik pertama yang tewas dibunuh di El-Arish, Sinai. Pendeta lain, Mina Aboud juga mati tertembak pada 6 Juli 2013 silam, tiga hari setelah militer Msir menggulingkan Mohamed Morsi dari kursi presiden. Pembunuhan itu lalu diikuti pembakaran puluhan gereja dan properti milik warga Kristen Koptik, setelah ratusan pendukung Morsi tewas dalam bentrokan dengan polisi di Kairo.

Dugaan bahwa ISIS menjadi dalang serangan di Mesir belakangan ini semakin menguat karena di wilayah itu pasukan pemerintah sedang memerangi sayap ISIS. Ratusan polisi dan tentara bahkan menjadi korban serangan di Sinai Utara.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami