Inspiratif! Gereja ini Bantu Kebutuhan Lebaran Anak Yatim di Ambon
Sumber: Kompas.com

Internasional / 1 July 2016

Kalangan Sendiri

Inspiratif! Gereja ini Bantu Kebutuhan Lebaran Anak Yatim di Ambon

daniel.tanamal Official Writer
4778


Momen bulan suci Ramadhan saat ini dimanfaatkan anggota Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM) untuk saling berbagi dan peduli terhadap saudara-saudara Muslim yang membutuhkan. Mereka membagikan paket bahan makanan kepada anak yatim di dua panti asuhan di kota itu.

Melalui Departemen Pengembangan Oikumene Biro Hubungan Agama, gereja menyerahkan paket sembako kepada Yayasan Al-Anshor dan Yayasan Pendidikan Nurul Ikhlas, di kawasan Air Besar, Ambon, Kamis (30/6/2016). Bantuan ini untuk meringankan beban kaum duafa yang akan merayakan Idul Fitri 1437 Hijriyah. Paket bahanan makanan yang diberikan berupa beras, minyak goreng, susu dan gula pasir. Tak hanya itu paket itu juga menyediakan sikat gigi, pasta gigi, sabun mandi, hingga sabun cuci dan juga peralatan tulis siswa.

Sekretaris Departemen Semesta Sinode GPM, Pendeta Hendrik Hetari mengatakan, pemberian santunan kepada dua Yayasan Islam ini bertujuan untuk membangun kehidupan bersama dalam kasih dan saudara serta menjalin tali silaturahmi. "Jadi ini untuk membangun kehidupan bersama dalam kasih dan saudara. Kita ingin melihat gereja sebagai milik bersama dan ini aplikasinya," kata Hendrik.

Menurutnya kepedulian antar umat beragama ini merupakan implementasi dari hidup orang basudara di Kota Ambon dan juga Maluku pada umumnya. "Kami ingin berbagi kasih dengan anak-anak ini sebagai tanda hidup orang basudara. GPM membuat warna baru bahwa gereja kami adalah gereja basudara. Ini adalah tanggung jawab yang luar biasa. Kami mau bilang tanggung jawab ini bukan hanya milik penanggung jawab yayasan saja, tetapi merupakan tanggung jawab bersama dalam mendidik anak-anak Maluku untuk menjadi lebih cerdas," katanya.

Hendrik mengatakan, kegiatan sosial seperti ini tidak menjadi yang pertama dan terakhir, melainkan akan diupayakan untuk diterapkan secara berkala. Dia berharap, dengan bantuan ini, anak yatim di dua panti asuhan tersebut dapat bergembira di hari Lebatan nanti.

Sementara itu, penanggung jawab Yayasan Al-Anshor, ustaz Abu Imam Rumbara sangat terharu dengan sikap hidup orang basudara oleh basudara Kristiani yang ditunjukan Sinode GPM melalui pemberian paket bahan makanan. "Ini sangat luar biasa, saya sangat terharu dengan apa yang terjadi hari ini. Saya sangat menghargai jalinan silaturahmi dari saudara-saudara Kristiani sekalian. Kami di sini bertanggung jawab memenuhi kebutuhan dan juga pendidikan anak-anak, dan bahkan ada yang sudah menjadi PNS," katanya.

Yayasan Al-Anshor memiliki 153 santri, terdiri dari 74 laki-laki dan 79 perempuan. Dia berharap agar jalinan silaturahmi dengan Sinode GPM akan terus terpelihara. Sementara Yayasan Pendidikan Nurul Ikhlas memiliki 75 santri yang terdiri dari laki-laki dan perempuan.



Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami