Tips Mudah Kelola Keuangan Saat Pergi Liburan

Tips Mudah Kelola Keuangan Saat Pergi Liburan

Mega Permata Official Writer
2935

Biasanya saat kita berlibur maupun setelah libur sering mengeluhkan pusing lantaran kehabisan uang dan membuat biaya pengeluaran semakin membengkak. Padahal liburan itu harusnya menjadi hal yang menyenangkan, menikmati hari bebas dari rutinitas pekerjaan, dan pikiran menjadi lebih fresh. Tetapi yang didapat setelah berlibur justru mendapati keuangan yang kian menipis. Nah, untuk itulah peran budgeting diperlukan. Bagaimana mengelola keuangan untuk liburan? Simak beberapa tips ini;

Pertama, Siapkan Tujuan Liburan

Kemana tujuan Anda berlibur? Dalam negeri atau Luar negeri boleh saja. Setelah Anda mengetahui tujuan liburan barulah bisa memprediksikan berapa biaya transportasi atau akomodasi yang akan dikeluarkan. Liburan dadakan atau liburan yang tak terencanakan jauh mengakibatkan anggaran keuangan lebih besar dibanding liburan yang sudah terencana jauh sebelumnya.

Kedua, Mencatat Rincian Anggaran

Anda juga perlu mencatat berbagai hal seperti transportasi, biaya tur (apabila Anda menggunakan tur dan travel), biaya untuk makan, penginapan, rekreasi, oleh-oleh dan biaya tak terduga. Untuk menghindari pengeluaran tak terduga ketika dalam perjalanan, rencanakan anggaran liburan maupun perkiraan kegiatan dan pembelian yang menimbulkan alokasi dana yang besar, sehingga tidak mengagetkan saat harga itu muncul.

Ketiga, Hindari Membawa uang tunai dalam jumlah banyak

Semakin sedikit uang tunai yang dibawa semakin sedikit risikonya. Bukan hanya akan lebih terasa aman, membawa uang yang cukup akan membuat Anda membatasi lapar mata atau membatasi belanja untuk barang-barang yang tidak diperlukan.

Keempat, Akomodasi

Sebaiknya dalam menghemat biaya akomodasi salah satunya dengan cara memilih tempat penginapan semacam guest house. Alokasikan uang Anda untuk membeli bahan-bahan makanan untuk dimasak karena biasanya guest house sudah menyediakan alat-alat memasak di dapurnya. Tetapi, Anda tetap sisihkan dana cadangan untuk menikmati wisata kuliner di lokasi wisata tersebut.

Kelima, Oleh-oleh

Pergi berlibur tidak lepas dari yang namanya oleh-oleh. Pasti akan banyak yang ikut menitip oleh-oleh kepada Anda saat pergi berlibur. Jika Anda merasa sanggup, belilah hanya untuk keluarga inti dan kerabat dekat Anda. Jikapun tidak, Anda bisa meminta uang atau ongkos langsung dari mereka yang memang meminta oleh-oleh dari Anda. 

Yup, demikianlah beberapa tips mengelola keuangan Anda saat liburan. Nikmatilah liburan Anda bersama keluarga tanpa khawatir budget Anda menipis.

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami