6 Hal Yang Dibutuhkan Dalam Pernikahan Sehat
Sumber: Womansday.com

Marriage / 21 June 2016

Kalangan Sendiri

6 Hal Yang Dibutuhkan Dalam Pernikahan Sehat

Mega Permata Official Writer
5696

Dalam setiap pernikahan pasti memiliki tantangan yang harus dilalui. Bahkan sekalipun berada dalam kebahagiaan tetap ada masa-masa sulit didalamnya. Dalam buku Marriage Done Right: One Man, One Woman, disarankan menghadapi masalah atau tantangan dengan jujur dan penuh gairah bagi pasangan pria dan wanita Kristen dalam mempertimbangkan pernikahan yang lebih sehat. Pernikahan bukanlah hak. Ini adalah hadiah yang sering kita sia-siakan. Banyak pasangan Kristen mengharapkan kesempurnaan. Seperti dilansir oleh crosswalk, berikut enam kriteria pernikahan sehat menurut Dr. John Gottman;

Pertama, Meningkatkan persahabatan, rasa hormat, kasih sayang dan humor

Hal ini diartikan sebagai Anda untuk mengasihi satu sama lain, menjadi sahabat satu sama lain, melakukan hal-hal bersama, menunjukkan ketertarikan, menghargai pikiran dan perasaan pasangan, menghindari ejekan, mendukung tujuan dan mimpi masing-masing, merasa sayang satu sama lain, bersenang-senang dan bergembira bersama, menjadi ‘nomor satu’ di mata masing-masing.

Kedua, Perbandingan dari 5:1 atau Lebih baik bertindak positif daripada negatif

Maksudnya adalah rata-rata hubungan Anda setidaknya ada lima hal yang menyenangkan atau positif, ramah, mengasihi dalam setiap masalah yang dihadapi, seperti perbedaan argument, marah atau yang lainnya. Daripada Anda menanggapinya dengan negatif yang pada akhirnya membuat pernikahan Anda tidak sehat, lebih baik untuk menindaknya dengan positif.

Ketiga, Memberikan perhatian

Ketika sang istri berkata, “Tolong dengarkan aku sebentar,” dia sedang mencoba menarik perhatian suami untuk bercakap. Hubungan yang sehat dan baik, dapat dilihat dari tindakan suami yang langsung menengok dan mendengarkan apa yang ingin dikatakan oleh sang istri. Itulah hubungan sebenarnya yang nyata !

Keempat, Lemah lembut

Dalam pernikahan yang berhasil, perbedaan pendapat dimulai dengan sangat lembut tanpa kritik, dan berkomentar tidak baik tentang orang lain.

Kelima, Menerima pengaruh dari Istri

Dalam pernikahan yang sukses, suami menerima pengaruh dari istri mereka. Jika seorang istri mengatakan dia takut akan kehilangan suaminya, tidak ada lagi perhatian dan mulai tidak menanggapi sang istri, itu adalah pernikahan yang tidak sehat dan cenderung pernikahan yang akan goyah. Suatu hubungan harus ada take and give satu sama lain. Penelitian menunjukkan bahwa perempuan terbiasa menerima pengaruh dari pria. Jadi adalah penting bahwa pria juga dapat melakukan hal yang sama sebaliknya.

Keenam, Menghargai masing-masing kebutuhannya, Suka-tidak suka dan Kehidupan rohani masing-masing

Kuncinya adalah dengan cara bertanya untuk mencari tahu apa yang diinginkannya, kesukaannya, ketidaksukaannya, kesulitannya. Saling mendengarkan dan saling peduli satu sama lain.

Selain mengutamakan Tuhan dalam keadaan apapun bahkan dalam pernikahan, investasi terbaik yang dapat Anda buat di bumi adalah hubungan dengan pasangan Anda. Pernikahan memang sulit, tetapi ingat, itu tidak dirancang untuk membuat kita bahagia (walaupun pada akhirnya akan), tetapi itu dirancang untuk membuat kita menjadi keluarga yang kudus. 

Sumber : crosswalk/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami