Ini Sebabnya Kenapa Kamu Wajib Hadiri Festival Danau Sentani 2016
Sumber: ohelterskelter.com

Entertainment / 20 June 2016

Kalangan Sendiri

Ini Sebabnya Kenapa Kamu Wajib Hadiri Festival Danau Sentani 2016

Lori Official Writer
4316

Festival Danau Sentani adalah festival pariwisata tahunan yang diadakan di sekitar Danau Sentani, Jayapura. Festival ini sudah digelar secara rutin sejak tahun 2007 silam dan tahun ini adalah perayaannya yang ke-9. Saat perhelatan acara pariwisata besar ini, banyak wisatawan mancanegara maupun lokal yang berduyun-duyun hadir dan memadati kemeriahan festival yang jatuh pada 19-23 Juni 2016 ini.

Tahun ini, Festival Danau Sentani masih tetap mengambil tempat seperti tahun sebelumnya di kawasan wisata Khalkhote, Sentani Timur, Papua. Acara ini diselenggarakan sebagai momen untuk mempromosikan budaya, kerajinan, dan kuliner masyarakat Danau Sentani yang memiliki ciri khas tersendiri.

Festival yang mendapat dukungan besar dari Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw ini mengangkat tema ‘Satu Dalam Keanekaragaman Meraih Kejayaan’. Tema ini diangkat guna memberikan banyak pemahaman tentang kerukunan dan toleransi kepada masyarakat Indonesia. “Papua itu sangat spesifik dan menjadi menarik dibicarakan di mana-mana. Untuk itu ada inisiatif lokal bicara tentang keanekaragaman dan toleransi,” ujar Bupati Mathius.

Berikut beberapa pertunjukan yang akan mengisi seluruh rangkaian Festival Danau Sentani 2016, seperti:

1. Pertunjukan Tarian Kolosal

Selama perhelatannya, festival ini akan diisi oleh tarian kolosal yang terdiri dari 500 penari dari 24 kampung dan 19 distrik dari kabupaten Jayapura. Adapula 35 peguyuban (kumpulan warga suku dari Indonesia) yang berasal dari Sumatera Utara, Maluku, Sulawesi, Jawa, NTT dan Bali. Keterlibatan mereka merupakan wujud dari ‘keanekaragaman’ budaya, agama dan suku di tanah air.

2. Pertunjukan Kesenian Lokal                                 

Festival Danau Sentani ini juga diisi oleh pertunjukan seni seperti kerajinan kulit kayu dan batik Papua. Serta lomba Suling Tambur antar kampung.

3. Penerbangan Lampion

Pada Senin (20/6) petang ini, para hadirin yang terdiri dari kepala distrik, tokoh agama, tokoh adat, pemuda dan tokoh perempuan akan mengikuti acara penerbangan 100 lampion merah yang bertuliskan ‘Save Sentani Lake’.

4. Pameran Kuliner Lokal

Selain serangkaian acara seru di atas, panitia penyelenggara juga menghadirkan pameran kuliner lokal Papua, seperti skopi, buah merah dan sagu.

Keharmonisan keberagaman memang menjadi fokus dalam momen pariwisata yang memakan biaya sebesar Rp 3 miliar ini. Hal ini terbukti dari pencanangan zona integritas kerukunan bersamaan dengan penandatanganan nota kesepahaman antar pihak pemerintah saat gelaran MTQ dan Pesta Paduan Suara ggerejawi (Pesparawi) yang digelar secara serempak pada akhir Mei 2016 lalu.

Penasaran dengan kemeriahan dan keseruan Festival Danau Sentani? Buruan kemasi barang kamu dan nikmati perjalanan mengarungi provinsi paling Timur Indonesia ini. 

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami