Anak Cenderung
Sumber: www.blacktownsun.com.au

Parenting / 15 June 2016

Kalangan Sendiri

Anak Cenderung "Bossy" Hadapi Dengan Lima Tips Ini

Mega Permata Official Writer
3793

Mempunyai buah hati yang memiliki sifat bossy atau suka mengatur dan kecenderungan mendominasi tak lain adalah bagian proses latihan mengontrol diri. Beberapa dari proses tersebut perlu Anda hargai, tetapi Anda juga masih perlu mengarahkan diri mereka dengan cara yang baik dan benar dalam mengeluarkan pendapatnya. 

Jika sifat bossy mereka sudah terlihat dari kecil, maka akan sangat berat mengurangi sifatnya saat mereka dewasa kelak. Karena sifat yang kuat dan mendominasi itu, mereka akan mengalami kesusahan untuk mendapatkan teman dan juga dapat memicu kekerasan karena permintaannya yang tidak diikuti. Untuk itu berikut beberapa tips untuk Anda sebagai orangtua dalam mengatasi sifat anak Anda yang bossy;

Pertama, Ajarkan Rasa Hormat

Ajarkan sang anak untuk sedikit menghormati orang lain, baik dengan teman sebayanya atau orang dewasa sekalipun, dan terlebih mengajarkan anak Anda untuk memohon dengan sopan. Sangat penting untuk membiarkan si kecil tahu bahwa Anda mengerti dan akan mendengarkan mereka tetapi tanpa harus mendengar teriakannya yang memaksa itu. Katakan padanya bahwa meminta tolong dengan cara teriak tidak lah benar. Cobalah dengan tenang menjelaskan bahwa tindakannya tidak akan dituruti apabila dengan cara seperti itu. Juga berikan contoh meminta dengan cara yang baik, sopan, dan hormati orang didekatnya.

Kedua, Tetap Memberikan Kontrol

Beritahu padanya bahwa tidak semua yang ia perintahkan, itu adalah benar dan harus dituruti. Berikan alasan-alasan yang tepat pada buah hati Anda apabila itu salah. Sebagai orangtua Anda juga harus mengajarkan mereka mematuhi perkataan orang tuanya. Berikan mereka pilihan, Anda tidak akan mau mendengar atau membantu untuk memenuhi keinginannya jika ia masih saja memaksa apalagi dengan berteriak.

Ketika, Beritahu Harapan Anda sebagai Orangtua

Anak-anak Anda lama-kelamaan akan mengerti bila dijelaskan dengan sering bahwa setiap orangtua memiliki harapan yang baik terhadap mereka. Misalnya dengan mengajarkan mereka untuk selalu berkata “tolong”, “terima kasih” dan “maaf” dan bukan dengan cara berteriak memerintah atau merengek.

Keempat, Berikan Pujian

Jika buah hati Anda sudah berlaku benar dengan tindakannya, atau sifat bossy-nya berkurang, berikan pujian padanya atau memberikan reward atas sikap baiknya. Tetapi jika ia kembali berperilaku memaksakan kehendaknya lagi, berikan peringatan kepadanya bahwa Anda bisa mencabut hak istimewa atau tidak memberikan kebebasan untuk bermain di luar bersama teman-temannya. 

Kelima, Mengajaknya Terbuka

Cobalah untuk membuat buah hati Anda terbuka kepada Anda, sehingga Anda mengetahui apa yang menyebabkan mereka berperilaku memaksa dan suka memerintah itu.

Sikap bossy sendiri terkadang ada baik dan buruknya. Tetapi jika diumurnya yang masih belia, baiknya Anda perlu menjaga agar kadar sifatnya tersebut tidak berlebihan yang mana akan cenderung pada sifat kasar. Berikan teladan yang benar dan baik kepada anak-anak Anda, agar kelak dimasa depan mereka dapat berkembang dan berguna bagi orang lain di sekitarnya.

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami