Lori Mora

Official Writer
6214


Gereja Ortodoks Keuskupan Agung di kota Aleppo, Suriah tergerak menawarkan makanan kepada keluarga Muslim yang hidup di bawah garis kemiskinan di Sulaymaniyah, Irak. Mereka menggunakan Katedral Santo Efrem Suriah sebagai tempat untuk menawarkan makanan gratis tersebut.

Hal ini sudah dimulai sejak awal puasa lalu, dimana mereka menyediakan makanan sahur dan juga berbuka puasa. Seperti ditulis dalam media Keuskupan Agung, tindakan membagi-bagikan makanan gratis kepada umat Muslim merupakan tindakan yang menunjukkan solidaritas diantara umat beragama. Mereka berharap tindakan ini bisa memulihkan kerukunan dan kedamaian yang telah hilang diantara kelompok etnis dan agama di Suriah sejak perang melanda negara itu.

Solidaritas antar agama di Suriah mungkin tak hanya tampak kali ini saja. Sebelumnya, umat Kristen dan Muslim Suriah juga bekerja sama dalam menyediakan penampungan bagi anak-anak yatim piatu Muslim setelah bom meluluhlantakkan rumah mereka.

Kebanyakan orang Kurdi menjadi sasaran penyerangan teroris hingga saat ini. Kendati memasuki bulan Ramadan, teroris tetap saja meluncurkan sejumlah roket dan artileri di wilayah Aleppo. “meskipun awal Ramadan, bulan suci bagi umat Muslim, pada hari Senin (13/6), kelompok teroris tidak hanya menyerang pasukan pemerintah dan orang Kurdi di Aleppo tetapi juga daerah pemukiman,” seperti dikutip berita Sputnik.

Meskipun Rusia dan Amerika Serikat telah menyepakati perjanjian gencatan senjata pada 27 Februari 2016 lalu, kelompok teroris seperti ISIS, Front al-Nusa dan kelompok teroris lainnya tampaknya tidak peduli dan terus mengencarkan serangannya. Kini Suriah hanya tinggal kepingan kehancuran setelah meletusnya perang saudara sejak 2011 silam. Sementara pasukan pemerintah yang tetap setia kepada Presiden Suriah Bassar Assad masih tetap berjuang melawan kelompok teroris dan fraksi oposisi.

Kondisi perang yang tak berkesudahan telah mengubah Suriah menjadi lautan penderitaan. Kemiskinan terjadi dimana-mana. Umat Muslim yang menjalani bulan Ramadan bahkan tak mampu menikmati ibadah dengan layak lantaran terbelit oleh kemiskinan yang begitu memprihatinkan. Semoga uluran tangan dan aksi bagi-bagi makanan gratis dari Gereja Ortodoks Keuskupan Agung Aleppo ini bisa diterima dengan baik oleh umat Muslim.

Sumber : Christiandaily.com/jawaban.com/ls


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Juni Week 1-2


7253

Banner Mitra Juni Week 1-2