Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Mega Permata

Official Writer
3315


Gastro Esophageal Reflux Desease (GERD) adalah kondisi asam lambung naik ke esophagus dan menyebabkan sensasi yang tidak enak di bagian dada. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan lambung harus berhati-hati dengan makanan yang dikonsumsi. Makanan yang tidak tepat bisa menyebabkan asam lambung naik dan menimbulkan keluhan kesehatan. 

Memang banyak obat-obat yang ditawarkan untuk meredakan asam lambung. Tetapi Anda bisa mencoba cara alami tanpa harus menelan obat-obat itu. Berikut beberapa cara alternatif mengatasi asam lambung Anda; 

Pertama, Jeruk Lemon

Kebanyakan oorang beranggapan bahwa penderita maag sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang asam. Tetapi ternyata jeruk lemon diyakini bisa mengatasinya. “Dalam banyak kasus maag, penyebabnya adalah asam lambung yang tidak seimbang. Jadi ketika jeruk lemon yang kuning itu masuk, dia tidak menjadi asam di dalamnya, malah berubah menjadi alkali. Dia membantu menyeimbangkan kelebihan asam atau ketidakseimbangan di lambung” kata Tjok Gde Kerthyada, pakar homeopati asal Bali. 

Tjok Gde menjelaskan bahwa pengobatan maag dengan jeruk lemon ini sudah banyak dianjurkan para dokter di Amerika. Biasanya minuman jeruk lemon dijadikan sebagai obat komplementer maag dan banyak yang berhasil.

Kedua, Permen Karet

Sebuah penelitian di Journal of Dental Research menunjukkan bahwa mengunyah permen karet selama 30 menit setelah makan bisa mengurangi keluhan GERD. “Mengunyah permen karet merangsang laju pelepasan air liur. Asam yang terakumulasi di perut akan tercuci dan bersih lebih cepat. Asam cepat hilang, gejala GERD berkurang,” kata Rebecca Moazzez, DPhil dari King’s College London.

Ketiga, Lidah buaya

Victor Sierpina MD dari University of Tecas Medical Branch mengatakan soal manfaat aloe vera atau lidah buaya saat asam lambung naik, bisa meredakan inflamasi di esophagus (kerongkongan). Dengan setengah gelas lidah buaya sebelum makan bagi penderita. Namun ada efek samping dari meminum lidah buaya ini yaitu meningkatkan frekuensi buang air besar.

Keempat, Jahe

Menurut pengalaman empiris secara turun temurun menggunakan Jahe untuk menurunkan asam lambung. Tetapi ada yang harus dicermati saat mengkonsumsinya. Jahe bermanfaat bagi penderita asam lambung jika dikonsumsi dengan takaran pas. Lebih dari 2-4 gram sehari, justru bisa memperburuk nyeri dada akibat asam lambung.

Kelima, Pisang

Selain enak dan bergizi, pisang juga dapat menjadi penawar bagi penderita asam lambung. Buah ini bisa menjadi anatasida alami dengan cara melapisi dinding perut dan saluran cerna supaya tidak teriritasi oleh asam lambung. 

Selain kelima buah-buahan diatas untuk mengatasi asam lambung naik, sebaiknya mengkonsumsinya jauh sebelum tidur. Karena menurut dokter spesialis penyakit dalam, Epistel P Simatupang mengatakan, “Misalnya sesudah makan langsung tidur. Ketika lambung terisi penuh, itu memudahkan sekali naik ke esofagus,” ucapnya seperti dilansir kompas.com. 

Menurut Epistel, setelah makan sebaiknya jangan langsung berbaring. Posisi tidur atau berbaring dapat membuka katub lambung yang memudahkan naiknya asam lambung. Nah, untuk itu disarankan makanlah 2-3 jam sebelum tidur. Tetapi jika perut Anda merasakan lapar atau seperti lapar, sebaiknya Anda minum satu gelas air mineral saja sebelum tidur. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Herdiansyah channel 26 February 2020 - 16:36:04

kecil tapi dahsyat?

0 Answer

Lindha 25 February 2020 - 23:53:55

Para gembala diundang Yesus untuk mewakili

0 Answer

Elisebanadya Widyatomo 24 February 2020 - 18:38:13

Cara menemukan pacar yang seiman

1 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (3)