Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

daniel.tanamal

Official Writer
1597



Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tiga dampak buruk dari sifat suka berhutang. Kebutuhan akan sesuatu benda ataupun jasa untuk menunjang kebutuhan kita memang harus dimiliki. Tapi sebagai orang yang belajar ekonomi, paling tidak, kita bisa memenuhi kebutuhan untuk diri sendiri saja terlebih dulu.
Berikut ini dua dampak buruk lainnya dari berhutang.

4     Utang Dianggap Dana Tambahan
Jangan pernah menganggap uang yang anda miliki yang merupakan hasil pinjam dari Bank atau perorangan lainya sebagai “uang” tambahan untuk anda.
Karena kebutuhan yang sangat tinggi, terkadang hal kecil ini tidak terlalu dikhawatirkan. Uang tersebut adalah beban anda yang tentunya harus anda bayar dalam tempo waktu yang disebutkan. 

5     Berutang Tanpa Menghitung Terlebih Dahulu
Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, lihatlah pendapatan anda setiap bulannya. Jika anda adalah seorang pekerja, berapa gaji bulanan anda dan berapa biaya pengeluaran yang harus anda keluarkan tiap bulannya.

Setelah itu sisakan uang anda untuk tabungan dan lihat lah berapa jumlah yang tersisa. Jika jumlah tersebut sesuai dengan jumlah cicilan sebuah barang yang akan anda ambil dengan cara berutang, silahkan anda mengambil barang tersebut. lakukan penghitungan hingga detail, jangan mengira-ngira. 

Apa yang harus Anda lakukan untuk menghindari efek negatif berutang?J awabannya mudah, sebaiknya, buat rencana keuangan dengan terperinci.

Nah Anda mungkin membenci hitungan dalam bentuk apapun. Namun usahakan anda tidak membenci menghitung anggaran anda sendiri karena ini akan berdampak pada kehidupan Anda di masa yang mendatang.

Jika memang Anda sangat ingin berutang, maka mau tidak mau Anda wajib membuat rencana keuangan secara terperinci.

Catat semua pengeluaran rutin Anda dan utamakan untuk menabung terlebih dulu. Setelah itu, Anda bisa menentukan akan berutang atau tidak.

Apakah artikel ini memberkati Anda? Jangan simpan untuk diri Anda sendiri. Ada banyak orang di luar sana yang belum mengenal Kasih yang Sejati. Mari berbagi dengan orang lain, agar lebih banyak orang yang akan diberkati oleh artikel-artikel di Jawaban.com seperti Anda. Caranya? Klik di sini. 
Sumber : Berbagai Sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

vina mukuan 22 September 2019 - 09:05:42

Saya hobby menulis lirik lagu rohani, tapi saya ti.. more..

0 Answer

Galaxy studio moses 21 September 2019 - 19:33:34

Apa dampak dari tersenyum

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer


nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

Banner Mitra September week 3


7276

advertise with us