Tragis, Tiga Orang Kristen Ini Tewas Oleh Kelompok Muslim Di Nigeria
Sumber: Budhianto Marpaung

Internasional / 3 June 2016

Kalangan Sendiri

Tragis, Tiga Orang Kristen Ini Tewas Oleh Kelompok Muslim Di Nigeria

Mega Permata Official Writer
9976

Seorang peternak Muslim Fulani menewaskan tiga orang Kristen di rumah mereka masing-masing setelah ia menyerang daerah Kristen lain dengan menggunakan parang, pada akhir Mei lalu.

Peternak bersenjata tersebut menyerang desa bernama Ninte, Lokasi Jema’a Pemerintah Daerah, di negara tengah-utara dari Kaduna, sekitar pukul 02.00 dan membakar habis rumah seorang pendeta dan yang lain, kata penyelamat kepada Morning Star News.

Zakka Kagoma (40) dan dua orang Kristen lainnya belum diidentifikasi tewas di rumah mereka dimana mereka sedang tertidur, ucap Naomi Sali tetangga Andaha, salah seorang dari ratusan umat Kristen dari 14 penduduk desa yang melarikan diri ke daerah ini. Seorang pegawai Jema’a Pemerintah Daerah, menerima konfirmasi serangan itu namun dikatakan dua orang telah tewas. 

Sali (45) dan warga lainnya melarikan diri ke semak-semak belukar, dimana ia melewati sisa malamnya sebelum menemukan jalan ke Jos, negara bagian Plateau untuk pergi berlindung. “Ada tembakan sepanjang malam saat kami bersembunyi disemak-semak,” katanya, “Mereka membakar rumah-rumah dan membakar rumah pendeta dari ECWA (Evangelical Church Winning All), Pendeta Saleh Yamusa. Dia melarikan diri dengan keluarganya yang terluka sebelum Fulani membakar rumah mereka,” lanjutnya.

Kemudian pada tanggal 25 Mei, tiga peternak Muslim Fulani menyerang seorang korbannya berusia 55 tahun. “Seorang Kristen yang bernama Ango, kembali dari ladangnya sekitar pukul 05.00 ketika ia disergap dan diserang oleh sekelompok dari Fulani. Ango dikejar oleh tiga putra Ardo (Pemimpin Fulani) dalam daerah itu. Mereka menangkapnya dan menyeretnya ke semak dekat sungai, dimana mereka dibunuh dengan parang. Dia ditinggalkan di sana, tidak sadar, karena mereka pikir dia sudah mati.”

Sebagai hasil dari serangan di desa Ninte, warga telah mengungsi dari desa-desa yang didominasi Kristen Dangwa, Nandu, Zakkan, Farin Hauwa 1 dan 2, Mante, Gada Biyu, Golkofa, Angwan Anjo, dan Akwa, "karena ada ancaman dari para peternak untuk menyerang mereka," kata Sali.

Daerah Kaduna dan Plateau telah sudah lama terganggu oleh serangan tersebut bertahun-tahun, namun dalam beberapa tahun terakhir ada tanda-tanda bahwa kelompok ekstermis Islam bersenjata dan menghasut mereka dalam konflik suku dan ekonomi mereka yang berhubungan dengan petani Kristen. Serangan yang terjadi terhadap umat Kristen tersebut telah mencapai bagian pusat-timur seperti Taraba dan Benue, serta daerah selatan.

Pemimpin gereja mengatakan serangan terhadap komunitas Kristen oleh peternak tersebut merupakan perang oleh Islam untuk melenyapkan umat Kristen di Nigeria. Kristen menjadi 51.3 persen dari 158.2 juta dari populasi Nigeria dan terutama tinggal di selatan, sementara untuk Islam terhitung 45 persen yang tinggal di bagian utara. 


Sumber : Morningstarnews.org/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami