Jangan Katakan Ini Jika Anda Mau Naik Gaji!

Career / 1 June 2016

Kalangan Sendiri

Jangan Katakan Ini Jika Anda Mau Naik Gaji!

Mega Permata Official Writer
4118

Faktanya, gaji adalah salah satu bentuk penghargaan atas apa yang telah Anda lakukan bagi instansi, perusahaan atau tempat bekerja Anda. Seorang pekerja profesional berhak untuk mengajukan permohonan naik gaji, meski faktanya tidak semua permohonan itu dapat dikabulkan. Perlu banyak yang harus dipertimbangkan perusahaan untuk menaikan gaji Anda. 

Peneliti menemukan ada satu kata yang sebaiknya tidak diperkenankan dalam mengajukan permohonan kenaikkan gaji. Yaitu “Adil”. Seperti dilansir dari Business Insider, peneliti menemukan bahwa wanita yang bernegoisasi selalu mencari penghasilan yang lebih adil dan itu tidak dilakukan para pria. 

Menurut Lee E. Miller sebagai penulis buku ‘A Woman’s Guide to Successful Negotiating’ mengatakan, “Ada dua cara yang menjadi jalan untuk naik gaji, saat Anda mendapatkan tawaran kerja lain atau saat atasan khawatir Anda melamar pekerjaan lain,” Namun saat Anda mengatakan kata tersebut atau pendapatan yang diperoleh tidaklah adil, maka para atasan cenderung menanggapinya dengan negatif. 

Jika Anda merasa layak dengan kemampuan dan kontribusi yang telah Anda berikan, lebih baik Anda tunjukkan langsung seberapa besar penghasilan yang layak yang sesuai dengan pekerjaan Anda. Karena hal tersebut akan membuat atasan khawatir kehilangan Anda dan berpikir tentang memberikan penawaran kenaikan gaji atau fasilitas lebih.

Menurut Miller sendiri, ‘Adil’ bukanlah kata yang cerdas untuk dikatakan pada saat menegoisasikan kenaikan gaji. Kuncinya adalah berikan alasan yang kuat untuk membantu Anda peroleh kenaikan gaji dan lebih baik katakan bahwa penghasilan yang diterima atau ditawarkan berada dibawah standar. Dan yang lebih penting adalah Anda harus me-review kinerja Anda sendiri, apakah sudah pantas untuk mendapatkan gaji yang lebih besar atau tidak. 

Jika Anda terlanjur mengatakan ‘Adil’ tersebut bersiaplah untuk mendapatkan kata ‘tidak’.  Tetapi Anda jangan bersedih dulu, Anda bisa tanyakan kepada atasan Anda apakah dia bersedia untuk menilai Anda kembali dalam waktu tiga atau enam bulan dengan pertanyaan seperti ini, “Jika saya akan meminta kenaikan gaji lagi tiga atau enam bulan mendatang, apa yang harus saya capai agar Anda menyetujuinya?” Anda bisa mencoba trik terakhir ini bila Anda berniat mengajukan kenaikan gaji. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami