Alihkan Hasrat Merokok Anda dengan 7 Cara Sehat Ini
Sumber: quitsmokingcommunity.org

Health / 31 May 2016

Kalangan Sendiri

Alihkan Hasrat Merokok Anda dengan 7 Cara Sehat Ini

Lori Official Writer
8051

Setiap 31 Mei kita merayakan peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia. Tujuan utamanya adalah untuk menyebarkan kesadaran tentang pentingnya berhenti merokok dan mendorong orang lain untuk menjauhkan diri dari rokok setidaknya selama 24 jam setiap hari.

Tentu saja menghindari tidak hanya rokok, tetapi segala jenis produk tembakau yang memberi dampak besar pada kematian. Seperti diketahui, tembakau adalah zat terburuk yang membunuh manusia secara perlahan-lahan dan terus menerus. Tembakau juga disebut sebagai zat adiktif yang lebih parah dibanding jenis narkotika lainnya karena mengandung ribuan bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Banyak orang yang berusaha untuk berhenti merokok tetapi tak sedikit yang kemudian kembali melakukan kebiasaan itu karena telah kecanduan. Jadi, untuk mengatasi persoalan sulitnya berhenti merokok, terdapat 7 langkah yang bisa diterapkan untuk memastikan seseorang berhenti total dari merokok.

Cara #1: Segera setelah memutuskan berhenti merokok untuk selamanya, saatnya untuk mencuci semua pakaian yang terkontaminasi dengan bau rokok. Karena bau rokok yang terasa dari pakaian bisa memicu kembali hasrat merokok.

Cara #2: Mulai joging pagi. Saat seseorang berlari maka tubuh akan melepaskan hormone endorphin (hormon yang mengusir rasa stress dan memicu rasa bahagia dan tenang). Lewat olahraga, seseorang tak lagi memerlukan rokok untuk mendapatkan ketenangan.

Cara #3: Minumlah jus sayur yang mengandung banyak serat setiap harinya. Banyak survei yang mengklaim bahwa makanan mentah membuat seseorang merasa fokus dan fit. Makanan mentah juga sangat baik untuk membersihkan kulit. Coba saja jika ingin menemukan manfaatnya!

Cara #4:  Ketika bercermin, dampak kebiasaan merokok dalam jangka waktu yang panjang mungkin meninggalkan bekas pada gigi, seperti gigi menjadi menguning atau menghitam. Untuk mengembalikannya Anda perlu memeriksakan diri ke dokter dan mencari solusi untuk mencegah kondisi yang lebih buruk lagi.

Cara #5: Setelah berhenti merokok, mulailah kebiasaan minum jus wortel setiap kali bangun tidur. Minum jus lemon juga sangat disarankan karena membantu membersihkan tubuh dari racun.

Cara #6: Kemanapun Anda pergi, bawalah botol minum. Memperoleh asupan mineral yang cukup setiap hari bisa membantu menghilangkan hasrat merokok. Apalagi jika diselingi dengan meminum segelas air hangat setiap harinya.

Cara #7: Gantilah rokok dengan mengunyah sesuatu, seperti permen karet rasa mint. Karena hal ini bisa membantu Anda mengusir keinginan merokok.

Sebelum Anda merokok, ingatlah bahwa kebiasaan merokok bisa menyebabkan perokok mengalami beragam penyakit mematikan. Penyakit tersebut akan mulai muncul ketika kadar zat berbahaya yang terkandung dalam rokok semakin tinggi. Semakin lama Anda merokok, semakin besar pula risiko penyakit yang akan Anda derita. Sebelum terlambat, putuskan untuk hidup tanpa tembakau sejak hari ini!

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami