Ini Kata Ketua Umum PGI Terkait Maraknya Anti Komunis

Nasional / 26 May 2016

Kalangan Sendiri

Ini Kata Ketua Umum PGI Terkait Maraknya Anti Komunis

Lori Official Writer
4338

Ketua Umum Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt Henriette T.H. Lebang menyampaikan keprihatinan atas maraknya fenomena anti komunis yang diikuti pembakaran bendera berlambang palu arit serta razia belakangan ini.  Menurutnya, isu tersebut disadari atau tidak telah menimbulkan keresahan bagi masyarakat. Sehingga perlu disikapi secara arif dan bijaksana demi mencegah timbulkan efek yang bisa memecah belah bangsa.

“Kami sangat prihatin, mengarah kepada konflik sosial dalam masyarakat dan memecah-belah bangsa,” kata Pdt Henriette T.H. Lebang, seperti disampaikan pada Rabu (25/5) kemarin.

PGI menyerukan agar pemerintah menghentikan segala upaya oknum tertentu yang berusaha menghidupkan kembali isu komunisme seperti di zaman Orde Baru silam. PGI juga meminta Presiden Jokowi untuk memfasilitasi upaya pelurusan sejarah terkait dengan Peristiwa 1965 itu. Sehingga masyarakat tidak lagi dibayangi ketakutan dan kebencian.

“Ketidakpastian dan keresahan sosial ini akan sangat mudah dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk membangun isu-isu yang tidak produktif dan malah bisa merusak tatanan kehidupan harmonis yang sudah tercipta di dalam masyarakat kita,” ucapnya.

Selain itu, PGI juga memohon agar Presiden Jokowi menindak tegas aparat atau kelompok masyarakat yang melakukan segala bentuk tindakan pelarangan, sweeping, penyitaan buku-buku yang tanpa mengikuti proses peradilan yang ada.

PGI menghimbau masyarakat Indonesia untuk membentuk dialog bersama jika ternyata merasa gagasan dan ideologi tertentu bertentangan. Selain itu, media juga bisa menjadi satu alat yang digunakan untuk menangkal gagasan dan ideologi tersebut tanpa harus melakukan tindakan kekerasan atau radikal yang menimbulkan keresahan di masyarakat.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami