Ateis Meningkat Di Negara Ini, Gereja Perlu Ambil Langkah Serius
Sumber: evastickt.blogspot.com

Internasional / 26 May 2016

Kalangan Sendiri

Ateis Meningkat Di Negara Ini, Gereja Perlu Ambil Langkah Serius

Mega Permata Official Writer
8795

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa untuk pertama kalinya mereka yang tidak beragama atau Ateis melebihi jumlah dari mereka yang beragama Kristen. Menurut laporan Bullivant, kemungkinan Katolik dan Anglikan adalah agama yang paling banyak jemaatnya yang meninggalkan gerejanya dan empat dari 10 orang dewasa yang dibesarkan sebagai Anglikan memutuskan untuk meninggalkan kepercayaan mereka. Bullivant juga mengatakan, “Gereja perlu menganalisis data ini dengan serius.”

Sebagai dosen senior dalam Teologi dan Etika di Universitas Katolik St Marry di Twickenham, Stephen Bullivant mengatakan, “Yang menarik adalah penjelasan dari pertumbuhan ateis sebagai perbandingan penduduk. Pendorongnya adalah orang-orang yang dibesarkan dengan beberapa agama disekelilingnya, sekarang mengatakan mereka tidak menganut agama. Yang kita perhatikan adalah percepatan dalam jumlah orang yang tidak hanya mempraktekan iman mereka secara teratur, tetapi bahkan mereka yang tidak menjalankan kewajibannya. Dari semua alasan itu adalah pertanyaan besar dalam hal sosiologi agama,” ujar Bullivant sebagai penganalisis data survei Perilaku Sosial masyarakat Inggris lebih dari tiga dekade.

The Guardian menunjukkan bahwa sementara pernyataan tidak berlaku bagi keseluruhan Inggris dimana Skotlandia dan Irlandia termasuk kedalamnya. Tetapi khususnya untuk Inggris dan Wales, sebanyak 48,5 persen dari populasi mengatakan mereka kembali tidak memeluk agama di tahun 2014. Mereka yang termasuk dalam perpecahan Kristen, dan disisi lain hanya terdiri dari 43,8 persen bagian.

Salah seorang juru bicara gereja Inggris (Church of England), menanggapi laporan tersebut bahwa kebanyakan dari mereka yang teridentifikasi tidak memiliki iman adalah mereka yang dalam kebingungan memilih menjadi sekuler atau menjadi bagian kemanusiaan. 

Meningkatnya tren sekulerisme telah menjadi laporan diseluruh Eropa dalam dekade terakhir, dalam hasil temuan Maret lalu bahwa mayoritas Nowergia juga tidak lagi mempercayai Tuhan. The Norwegian Monitor/Ipsos Norwey sebagai pengamat Norwegia menemukan bahwa 39 persen responden tidak percaya pada Tuhan, dan hanya 37 persen saja yang percaya, selebihnya 23 persen ragu-ragu. 

Sumber : Christian Post/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami