Miliki Kualitas Tidur Yang Cukup Dengan Makanan Sehat Ini

Health / 25 May 2016

Kalangan Sendiri

Miliki Kualitas Tidur Yang Cukup Dengan Makanan Sehat Ini

Mega Permata Official Writer
6384

Mungkin anda terlalu sibuk dengan rutinitas sehari-hari. Anda dihadapkan banyak pekerjaan, sering bertemu banyak rekan kerja, rapat mendadak, mengurusi rumah, dan anak sekolah. Dengan begitu kesehatan anda menjadi merosot dan melemah. Anda telat makan, makan makanan kurang sehat dan pola tidur pun menjadi berantakan. Salah satu kunci utama seseorang menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh adalah dengan memperbaiki pola istirahat yaitu tidur. Jika pola tidur anda tidak menentu dan memiliki kualitas tidur kurang, dapat membuat pola hidup anda kurang sehat. Nah, berikut makanan sehat untuk memperbaiki kualitas tidur anda;

Pertama, Konsumsi Makanan Bernutrisi

Menurut penelitian terbaru dari University of Pennsylvania, para ilmuwan tersebut menemukan nutrisi sebagai kunci utama yang berperan dalam mengatur tidur, sehingga tujuan untuk memiliki pola makan sehat bisa lebih mudah tercapai dan mencapai tidur lebih berkualitas.

Seperti mengkonsumsi nutrisi likopen yang dihasilkan dari buah semangka, pepaya, dan tomat. Nutrisi selenium bisa didapatkan dalam ikan tuna, cod, kerang dan kacang-kacangan.

Kedua, Konsumsi Makanan dengan Kandungan Vitamin B6

Vitamin B6 sepertinya tidak memiliki manfaat utama dalam memperbaiki kualitas tidur, namun berkontribusi dalam menciptakan hormon melantonin, yakni hormon yang mengantarkan kita tertidur nyenyak. Vitamin B6 dapat ditemukan di sereal, kacang-kacangan dan pisang.

Ketiga, Konsumsi Makanan dengan Kandungan Melantonin Alami

Melantonin seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, yaitu hormon yang mengantarkan kita tertidur dengan nyenyak. Melantonin merupakan neurohormon yang bertindak sebagai anti-oksidan. Hormon melantonin adalah senyawa alami yang dapat menjadi obat alternatif untuk tidur anda. Senyawa ini kita dapatkan dari buah ceri, stroberi, rasberi, anggur dan oat. Dengan mengkonsumsi salah satunya, akan sangat membantu anda dalam memperbaiki kualitas tidur anda, bahkan untuk anda yang mengidap insomnia.

Keempat, Konsumsi Makanan dengan Kandungan Karbohidrat

Menurut studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition, mengkonsumsi karbohidrat yang mudah dicerna seperti; nasi, sereal, roti, dan kentang, empat jam sebelum waktu tidur akan menyebabkan orang tertidur lebih cepat.

Kelima, Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Baiknya ketika anda hendak tidur sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan seperti junk food atau makanan yang tinggi lemaknya. Karena selain makanan tersebut membahayakan kesehatan tubuh dan juga meningkatkan resiko obesitas. 

Demikianlah beberapa makanan sehat untuk memperbaiki kualitas tidur anda. Konsumsilah makanan sehat, menjalani pola hidup sehat, mengatur aktivitas anda dengan baik maka anda akan menikmati istirahat dengan nyenyak dan berkualitas. Ketika anda bangun di pagi hari, anda akan merasakan tubuh anda sehat dan penuh energi positif menjalani aktivitas-aktivitas anda.

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami