6 Masalah Keuangan yang Wajib Didiskusikan dengan Kekasih
Sumber: herbeauty.co

Single / 20 May 2016

Kalangan Sendiri

6 Masalah Keuangan yang Wajib Didiskusikan dengan Kekasih

Lori Official Writer
2891

Ketika Anda berada dalam suatu hubungan, akan sangat baik untuk mempertegas beberapa hal, terutama soal keuangan. Akan selalu lebih baik apabila Anda dan si dia terbuka tentang kondisi ini. Lewat artikel ini, kita akan berbagi tentang pentingnya keterbukaan soal masalah keuangan Anda dan pasangan untuk menghindari konflik yang mungkin terjadi ke depannya.

Jangan pernah menganggap hal ini sepele karena hubungan bisa berakhir hanya karena masalah keuangan. Jadi, menyepakati beberapa hal tentang pengeluaran dan keuangan bisa menjadi cara terbaik untuk menjadi hubungan yang berkomitmen dan bahagia.

Berikut 6 masalah keuangan yang wajib Anda bicarakan dengan pasangan Anda.

1. Siapa yang Membayar Saat Kencan

Pergi kencan atau membayar untuk beberapa biaya tertentu saat bersama harus menjadi daftar yang Anda sepakati dengan si dia. Saat masa-masa berkencan, pasti ada saja waktu ketika Anda atau kekasih Anda menolak untuk membayar dan masing-masing Anda akan mulai mencari alasan untuk melakukan hal itu terus menerus hingga pada akhirnya salah satu yang merasa dirugikan mulai komplain dan menganggap Anda hanya memanfaatkannya.

2. Terbuka dengan Rincian Pengeluaran dan Isi Tabungan

Bicarakanlah hal ini dengan sangat jelas kepada pasangan. Minta dia jujur tentang rincian pengeluaran yang dihabiskannya setiap bulannya dari tabungan pribadi. Anda mungkin sosok yang hemat dan teratur dalam menggunakan uang, dan gaya hidup itu bisa Anda transfer kepada si dia. Sehingga kelak ketika Anda merencanakan pernikahan, dia sudah punya tabungan yang cukup.

3. Terbuka tentang Jumlah Utang

Jujurlah kepada pasangan Anda tentang jumlah utang atau kredit yang Anda miliki ketika hubungan Anda dengan si dia dalam kondisi baik. Pastikan bahwa pasangan Anda merasa nyaman dengan berbagi kondisi ini.

4. Sama-sama Menyisihkan Uang untuk Liburan Bersama

Menabung untuk mendapatkan perjalanan murah dengan pasangan mungkin menjadi salah satu daftar yang perlu kalian bicarakan. Pastikan Anda memilih tujuan liburan yang Anda sepakati bersama. Hal ini tidak hanya membantu Anda untuk menyimpan uang, tetapi juga membantu Anda untuk menikmati perjalanan Anda nanti.

5. Jika Anda Berencana untuk Membeli Rumah

Jika Anda dan si dia benar-benar sudah serius, maka akan sangat jelas tujuan Anda kelak adalah tinggal seatap dengan si dia. Memiliki rumah sendiri adalah impian setiap orang. Diskusikanlah rencana ini dengan kekasih dan minta pendapatnya apakah perlu menabung bersama untuk membeli rumah.

6. Siapa yang akan Bertanggung Jawab terhadap Anak-anak kelak

Menikah adalah perjalanan berbeda dari hanya sekadar menikmati hubungan berpacaran. Karena dalam pernikahan Anda akan diperhadapkan dengan kehadiran anak yang tentu saja akan menguras banyak biaya. Hal ini bisa saja menjadi salah satu konflik besar yang muncul dalam pernikahan. Jadi sebelum etrlambat, diskusikan rencana yang akan kalian lakukan ketika kelak punya anak. Bicarakan siapa yang akan bertanggung jawab penuh dengan biaya-biaya yang berkaitan dengan kebutuhan anak.

Bila Anda adalah pasangan yang sedang berpacaran dan sudah serius melangkah membangun bahtera rumah tangga, diskusikanlah 6 poin di atas dengan jujur dan terbuka. Agar kelak Anda dan si dia secara otomatis menyadari tanggung jawab masing-masing dalam hal keuangan.

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami