Enam Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Bagi Ayah Tunggal
Sumber: Liputan6.com

Parenting / 18 May 2016

Kalangan Sendiri

Enam Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Bagi Ayah Tunggal

Mega Permata Official Writer
14092

Menjadi single parent adalah hal yang paling tidak diinginkan oleh semua orang. Namun, bagaimana jika anda harus mengalaminya? Tidak jauh berbeda dengan single mom, menjadi seorang ayah tunggal atau single father bukanlah pekerjaan yang mudah. Kini tanggung jawab seorang ibu pun harus dijalani oleh sang ayah. 

Naluri ayah dalam mengasuh anak tentu tidak seperti seorang ibu. Namun, demi sang buah hati, ayah harus bisa menjalankan peran tersebut ketika menjadi ayah tunggal. Seperti halnya pada seorang ibu, ayah juga butuh waktu belajar merawat buah hatinya. Dalam buku 'Fathers, Infants dan Toddlers', karya MY Yogmen dan Dwight Kindlon menyebutkan, saat ini sosok ayah juga mampu bersikap hangat kepada anak-anaknya, tidak seperti citra ayah konvensional yang kaku dan mengedepankan soal disiplin dan keteraturan bagi anak-anaknya. Berikut beberapa tips untuk menjalankan peran ayah tunggal;

Pertama, Terbuka

Jangan pernah mencoba untuk menutupi kenyataan bahwa kehidupan keluarga single parent tidak sama dengan keluarga yang masih lengkap dengan  orangtuanya. Berikan pemahaman yang benar terhadap apa saja perbedaan yang ada dan bagaimana mengatasinya. Jelaskan juga bahwa meskipun ada perbedaan-perbedaan, namun kasih sayang yang diberikan oleh ayah sebagai seorang single parent tidaklah kurang bila dibandingkan ayah dan ibu di keluarga yang lain.

Kedua, Buat anak merasa aman

Memastikan anak merasa aman adalah salah satu tanggung jawab terbesar bagi seorang ayah tunggal. Selain aman dari orang-orang ‘jahil’, pastikan juga anak merasakan bahwa ayah peduli terhadap kehidupannya dan masa depan serta menjadi ayah yang selalu mendampingi saat menghadapi masalah-masalahnya.

Ketiga, Meluangkan waktu bersamanya

Meluangkan waktu berdua dengan sang anak juga merupakan cara terbaik untuk membangun hubungan yang harmonis antara ayah dan anak. Dengan kebersamaan ini akan membawa kedekatan emosional antara ayah dan sang permata hati. 

Selain itu anda juga dipersilahkan untuk memberikan sedikit cerita mengenai hal-hal yang dilakukan sehari-hari. Dengan mendengar cerita tersebut, sang anak akan lebih bisa mengenal diri ayahnya. 

Keempat, Ayah Tunggal dan karir

Bagi seorang ayah tunggal. Tanggung jawab ganda dalam mengurus keluarga dan menjalani karir tidak boleh dianggap beban. Namun, peran ganda tersebut harus menjadi pemicu untuk lebih sukses dalam berkarir sehingga kian banyak kebutuhan anak yang dapat terpenuhi.

Kelima, Pahami Kebutuhan Anak Anda

Kebutuhan anak Anda akan berubah seiring bertambahnya umur. Cobalah untuk memahami perubahan apa saja yang terjadi dan bagaimana bimbingan yang tepat yang harus Anda berikan. Selalu tunjukkan bahwa Anda memiliki perhatian terhadap masalah-masalah yang ia miliki, meskipun masalah tersebut tidak pelik. Perhatian Anda akan memberikan kepercayaan diri terhadapnya.

Keenam, Melakukan Evaluasi

Yang dimaksud dengan melakukan evaluasi adalah dimana saling bertukar pendapat, saling memberikan masukan dan penilaian atas apa yang dilakukan bersama-sama baik dari ayah maupun juga oleh sang anak. Dengan hal ini juga bermaksud untuk mengenal karakter lebih dalam lagi, untuk bisa saling berubah dan menjadi lebih baik lagi. 

Jadilah orangtua yang handal dan tetap bisa menjadi teladan bagi anak-anak tersayang. Anak-anak adalah prioritas utama Anda. Walaupun sulit menjadi single parent usahakan Anda memberikan yang terbaik bagi anak anda, cari tahu mengenai cara mengasuh anak dengan bertanya kepada orang-orang yang sudah berpengalaman. Hal itu juga dapat memberikan inspirasi kepada Anda dalam mengasuh anak di tiap harinya. 

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami