5 Tips Ini Bantu Karyawan Anda Miliki Hidup Seimbang
Sumber: escribemeetings.com

Career / 18 May 2016

Kalangan Sendiri

5 Tips Ini Bantu Karyawan Anda Miliki Hidup Seimbang

Mega Permata Official Writer
9299

Pada suatu waktu, banyak pengusaha berpikir bahwa mereka harus mendorong karyawannya bekerja melebihi batas kemampuan mereka dan untuk mendapatkan kinerja yang mereka harapkan. Pengusaha hari ini menyadari bahwa semakin keras Anda mendorong seseorang, semakin kecil kemungkinan mereka akan melakukannya. Karyawan yang bekerja terlalu keras cenderung kurang produktif dibandingkan mereka yang mampu menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan mereka. Para karyawan yang bekerja terlalu keras juga cenderung lebih banyak absen, membuat kesalahan lebih banyak, kelelahan, dan akhirnya berhenti. Jadi, pengusaha perlu mencari cara untuk membantu karyawan mereka memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik. Tidak hanya tentang bisnis anda yang akan berhasil, tetapi anda akan dikenal sebagai pengusaha yang benar-benar peduli terhadap kehidupan karyawan mereka. Berikut adalah 5 hal yang dapat Anda mulai lakukan sekarang.

1. Menjadi Teladan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menjadi teladan bagi karyawan anda. Kita menyadari bahwa ini cukup sulit karena biasanya pemilik usaha cenderung bekerja sangat keras untuk memastikan perusahaan mereka berhasil. Namun, jika anda tidak bisa menunjukkan karyawan anda bahwa mereka dapat memiliki keseimbangan antar pekerjaan dan kehidupan yang baik, bagaimana bisa mereka mengharapkan anda untuk dapat melakukannya sendiri? Karyawan memandang atasan mereka, jadi terserah kepada anda sebagai atasan untuk menunjukkan kepada mereka cara membuat keseimbangan kehidupan dan kerja yang seimbang atau mungkin mendekati dari keseimbangan terebut. 

2. Tahu kapan Karyawan bekerja lebih

Pengusaha atau sang manajer harus dapat dengan mudah mengenali tanda-tanda banyaknya pekerjaan yang dilakukan oleh karyawannya. Termasuk kelelahan, banyak melakukan kesalahan, absensi, dan menjadi tidak peduli tentang pekerjaan mereka. Ini adalah ide yang baik bagi para pengusaha untuk mulai berbicara dengan karyawan secara pribadi untuk mengetahui bagaimana beban kerja mereka mempengaruhi kehidupan mereka, dan apa yang bisa dilakukan untuk membuat pekerjaan mereka terasa lebih mudah. Dalam beberapa kasus, karyawan takut untuk membiarkan atasan mereka tahu bahwa mereka mengalami kesulitan karena ketakutannya akan kehilangan pekerjaan mereka. Tempat kerja harus menjadi salah satu dimana karyawan merasa nyaman datang menghadap atasan atau sang manajer jika mereka mengalami kesulitan.

3. Pulang cepat

Ketika Anda lebih dari jam kerja, hal itu dapat menyebabkan munculnya stres dan belum lagi kesehatan secara keseluruhan akan memburuk. Ini juga berdampak  sama untuk keduanya, bagi atasan dan karyawannya. Jadi, Anda perlu pulang cepat atau tepat waktu pada saat jam habis dan ikut mendorong karyawan Anda untuk melakukan hal yang sama. 

4. Rekan kerja seperti keluarga sendiri

Ketika semua karyawan seperti keluarga, itu menjadikan suasana kerja jauh lebih membaik. Ada banyak cara karyawan dapat menjadi seperti keluarga. Sebagai permulaan, mereka dapat menjadi tuan rumah acara rutin, seperti  family gathering perusahaan, dimana semua karyawan dibolehkan untuk membawa keluarga mereka. Ide bagus lainnya adalah untuk dapat membawa anak anda ke tempat kerja. Tidak perlu khawatir tentang anak anda pada tiap harinya, selain itu juga anak-anak bisa belajar tentang apa yang orang tua mereka lakukan di tempat kerja mereka.

5. Menciptakan Lingkungan Kerja Sehat

Sebuah perusahaan yang memiliki kebijakan kesehatan karyawan yang tinggi adalah salah satu yang memiliki karyawan bahagia, sehat, dan tidak stres. Mereka lebih mampu untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan mereka dan mereka mendapatkan lebih banyak pekerjaan rumah yang dapat dilakukan. Karyawan dan atasan harus meluangkan waktu untuk melakukannya pada waktu yang berbeda sepanjang hari. Melakukan meeting di luar adalah ide bagus karena Anda mendapatkan pekerjaan yang dilakukan saat berolahraga. Atau memilih untuk meeting seperti standing desks adalah pilihan lain yang memungkinkan karyawan untuk bergerak dan terlepas dari kursi mereka. Jangan lupa juga untuk selalu  menyediakan camilan sehat.

Sumber : Lifehack.org/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami