Dubes Inggris Sebut Kisah Walikota London Sadiq Khan Mirip dengan Ahok

Dubes Inggris Sebut Kisah Walikota London Sadiq Khan Mirip dengan Ahok

Lori Official Writer
5679

Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menyebut kisah kemenangan Walikota Muslim pertama Sadiq Khan mirip dengan kemenangan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dimana keduanya berasal dari kalangan minoritas. Moazzam bahkan melihat kemenangan Sadiq dan Ahok bukan karena faktor minoritas tetapi faktor kepercayaan masyarakat kepada pemimpin terpilih dalam membawa perubahan baru.

“Mereka memiliki kesamaan yaitu sebagai pemimpin yang berasal dari masyarakat minoritas. Akan sangat menarik bila Ahok dan Shadiq bertemu,” tutur Moazzam mengajukan rencana adanya pertemuan antara Sadiq dan Ahok, seperti dilansir Beritasatu.com.

Moazzam menegaskan kelompok minoritas memiliki kesempatan yang sama menjadi pemimpin.  Kesamaan kisah antara Sadiq dan Ahok memberi pesan penting bahwa sosok pemimpin tidak dibatasi oleh latar belakang (suku, agama dan ras).

“Pemilihan kepala daerah di London kemarin sangat menarik karena ada warga Muslim yang terpilih. Ada pesan penting yang disampaikan di sini bahwa minoritas dapat menjadi pemimpin bila bekerja keras dan Inggris sudah menjadi negara yang beragam. Mari kita lihat bagaimana kinerjanya nanti,” kata Moazzam.

Proses kemenangan kedua tokoh ini pun bukan tanpa kendala. Sama seperti Ahok, Sadiq pun sebelumnya banyak menghadapi pro dan kontra dari beragam kalangan masyarakat. Namun tantangan itu pada akhirnya terlewatkan dengan baik. Untungnya, para pemilih lebih mengedepankan sikap persatuan dan kompetensi calon pemimpin.

Mengikuti jejak Ahok yang kini menjabat sebagai pemimpin ibukota Jakarta, Sadiq Khan yang dikenal sebagai putra dari pengendara bus Muslim asal Pakistan itu terpilih sebagai Walikota London MMuslim pertama. Dia mencetak sejarah baru dimana kalangan minoritas bisa menjadi pemimpin sebuah kota besar berpenduduk mayoritas Kristen.

Sumber : Beritasatu.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami