Ayo Kelola Gaji Pertamamu dengan Tips Super Ini

Ayo Kelola Gaji Pertamamu dengan Tips Super Ini

Mega Permata Official Writer
4007

Kamu baru memasuki dunia kerja? Bagaimana perasaan anda saat sudah memasuki dunia kerja? Dan, apa yang akan kamu lakukan dengan gaji pertamamu nanti?

Tentunya kamu ingin penghasilan yang didapatkan dari pekerjaan kamu tidak terbuang percuma. Penghasilan tersebut tentu diharapkan menghasilkan sesuatu yang berarti di masa mendatang. Kamu harus mengelola uang dengan baik saat baru memperoleh penghasilan. Karena kebanyakan anak baru atau newbie bingung memanfaatkan penghasilan mereka dengan benar. Ini dia beberapa yang harus dilakukan dengan gaji pertamu;

Pertama, Jangan Hanya Memikirkan Kesenangan Sesaat

Terkadang orang menggunakan gaji pertama mereka untuk kesenangan sesaat bahkan sebelum mereka perolehnya. Misalnya langsung menghabiskan uang untuk membeli barang-barang belum penting atau pergi belanja ke mall. Bukan dilarang lho, tapi perlu diingat kalau kamu masih memerlukan uang tersebut untuk menjalani kebutuhan hidup sehari-hari di hari berikutnya.

Kedua, Buat Anggaran Keuangan

Saat kamu akan menerima gaji, sebelumnya buat dulu anggaran keuangan kamu untuk sebulan. Apa saja yang diharus dibayar seperti bayar kos bagi kamu yang anak kosan, cicilan rumah, listrik atau air dan apa yang dibutuhkan untuk dibeli. Buat list nya dan tak lupa sisihkan uang untuk selanjutnya seperti contoh poin pertama.

Ketiga, Buat Dua Rekening Tabungan

Buatlah dua rekening tabungan, satu untuk dana operasional dan satu lagi untuk tabungan. Semua akan mudah bila sudah terbentuk kebiasaan menyisihkan gaji ke dalam dua rekening yang berbeda tiap bulannya. Jadi ketika kamu gunakan atau ambil uang di ATM maka yang kamu lihat adalah saldo rekening operasional, sedangkan di rekening tabungan tidak tersentuh.

Keempat, Berinvestasi

Jadi jangan nunggu gaji sekeian untuk berinvestasi. Justru diawal gaji pertamamu itu cukup membantu mengelola keuangan kamu. Investasi sangat bermanfaat untuk kelangsungan finansial kamu. Investasi bisa berupa apa saja seperti emas, property, saham atau asuransi. Investasikan dana bebas kamu agar tak habis dengan sia-sia. Dengan berinvestasi, kamu akan menikmatinya kelak ketika sudah tidak mampu lagi bekerja. Memang investasi merupakan program keuangan jangka panjang dan kamu tidak akan rugi dengan berinvestasi secara cepat dan tepat.

Kelima, Berikan Untuk OrangTuamu

Walaupun orangtuamu tidak menginginkan uang kamu tetapi setidaknya berikanlah walaupun tidak seberapa. Hitung-hitung untuk uang jajan atau tabungan mereka. Orangtuamu pasti akan bangga kepadamu, melihat anak kebanggaannya sudah lebih bertanggung jawab baik keluarga maupun pekerjaan.

Keenam, Beramal

Biasanya beberapa orang akan melakukan gaji pertamanya dengan mentraktir teman-teman mereka tanpa segan. Tetapi memberikan hal yang cuma-cuma kepada teman dan bersifat sesaat berbeda dengan hal memberi kepada orang-orang yang sangat membutuhkan atau kurang mampu. Hal ini bisa membantu kamu di masa yang akan datang, sebab dengan menolong sesama secara tulus, maka pasti kamu akan mendapatkan banyak kebahagiaan di masa mendatang. Tapi ingat, tanpa pamrih ya.

Terakhir yang terpenting, jangan lupa menyisihkan hasil upah kerjamu untuk Tuhan. Sebagai rasa syukur atas berkat yang telah Ia berikan kepada kehidupanmu dan sebagai orang percaya. Tuhan cuma mau melihat keikhlasan hati saat kita memberi persembahanmu kepada-Nya. Kesediaan kita untuk menabur.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam mengelola uang ketika mendapatkan gaji pertama. Ingatlah jika pada penghasilan pertama kamu sudah terbiasa dengan hal-hal yang tidak penting, itu akan terbawa hingga bulan-bulan berikutnya dan tentunya ini akan membuat kamujadi lebih boros dalam mengelola keuangan

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami