Kota Malang Punya Pantai Indah Lho, Ini Dia Lima Pantai itu

Kota Malang Punya Pantai Indah Lho, Ini Dia Lima Pantai itu

Mega Permata Official Writer
6491

Kota Malang memang selalu menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan. Dikenal sebagai kota buah apel yang khasnya. Suasana dan hawanya yang begitu sejuk sangat cocok untuk menghabiskan liburanmu di kota ini. Selain wisata edukatif dan wisata keluarga, kota Malang juga banyak mempunyai tempat wisata alam yang tersembunyi di sudut-sudut kotanya.

Selain Wisata Pegunungan yang disuguhkan seperti Bromo dan Semeru, Kota Malang juga memiliki keindahan alam tersembunyi yakni pesona pantai-pantainya yang eksotis. Nah, dalam kesempatan ini saya akan berikan bocoran tentang pantai-pantai yang tersembunyi di Malang, simak ya..

Pertama, Pantai Banyu Anjlok

sumber: adityakurniawandotcom.wordpress.com

Banyu Anjlok merupakan bahasa jawa yang memiliki artian air terjun. Terletak di Kabupaten Malang, pantai inimerupakan salah satu pantai dengan pemandanga luar biasa yang dimiliki oleh Jawa Timur. Pantai satu ini merupakan tempat bertemunya air tawar dan asin, jadi jika selepas berenang di tepi laut dan ingin membersihkan diri sumber mata air yang jernih bisa langsung digunakan. Pantai Banyu Anjlok ini terletak di desa Purwodadi, kecamatan Tirtoyudo, kabupaten Malang.

Keberadaan air terjun yang airnya cukup jernih di Pantai Banyu Anjlok ini tentu bisa menggoda para wisatawan untuk bermain air sambil menikmati sensasi jatuhnya air di pinggiran batu besar. Aliran air di air terjun ini tidak mengalir deras dalam satu titik, namun mengalir melebar serta menyebar mengikuti lebarnya batu karang yang besar. Kemudian di bawah air terjun ini terdapat sebuah lubang gua kecil. Untuk bisa masuk ke sana, wisatawan harus menerobos derasnya air terjun tersebut.

Kedua, Sendang Biru 

 

sumber: surabaya.panduanwisata.id

Suasana ombak yang tenang dengan pemandangan hijuanya akan membuat kamu betah berlama-lama di pantai Sendang Biru ini. Pantai tersembunyi di Malang ini memiliki deburan ombak yang memikat dan menarik hati para wisatawan yang datang . Sangat cocok dan layak untuk dikunjungi bagi kamu yang sedang stres luar biasa. Yuk segera kunjungi. Pantai indah ini berada di Samudera Hindia. Nama ‘sendang biru’ berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti ‘sumber air yang berwarna biru’. Ya, pantai ini memang sangat jernih dengan air yang kebiruan. Destinasi tersebut juga dikenal sebagai tempat pelelangan ikan di Malang dan sebagai tempat mendarat perahu nelayan. Perahu-perahu ini juga disewakan untuk wisatawan yang ingin berkeliling menikmati panorama Pantai Sendang Biru.

Ketiga, Pantai Goa Cina

 

sumber: wisatamalang.info

Nama asli dari pantai ini adalah Rawa Indah, namun sejak 20 tahun lalu ada sebuah tragedy yang menyebabkan seorang warna kebangsaan Cina yang mati kala bertapa di pulau ini dan akhirnya anam Goa Cina menjadi lebih popular daripada pantai Rawa Indah. Pantai  ini memang sangat bening dan juga mempunyai pasir putih dan disertai dengan tumbuhan hijau yang menyejukan mata.

Keempat, Pantai Tiga Warna

 

sumber: chalistatrans

Kenapa dinamakan pantai Tiga Warna? Karena dalam waktu sehari, pantai ini dapat berubah warna menjadi warna biru, hijau, dan kuning. Perubahan warna di pantai Tiga Warna disebabkan oleh jumlah alga yang cukup banyak di dasar pantai. Alga berwarna-warni inilah yang memantulkan sinar matahari dan membuat pantai berubah-ubah warnanya. Pantai Tiga Warna termasuk ke dalam wilayah konservasi mangrove dan terumbu karang yang saat ini dikelola olah warga sekitar melalui Bhakti Alam. Pantai ini terletak di Malang bagian selatan, tepatnya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing.

Kelima, Pulau Sempu, Pantai Segara Anakan

 

sumber: hamikron.wordpress.com

Pantai Segara Anakan, berlatar tebing tinggi yang akan membentenginya dengan Samudera Hindia. Satu bagian di tebing itu berlubang karena erosi. Dari situlah air di Segara anakan berasal. Tebing itu seakan melindungi keindahan tiada tara dari ganasnya Samudera Hindia. Segara anakan, bagai pantai tanpa lautan. Bentuknya lebih mirip danau karena warna hijau dominan, beda dengan air laut yang berwarna biru. Pasir putihnya yang bersih juga halus. Tak heran jika pantai ini mendapat predikat pantai terindah di Malang. Secara geografis pantai ini berada di selatan kota Malang, dimana kita akan menuju dermaga sendang biru dan melalui pulau Sempu sebelum sampai ke pantai segara anakan. 

Nah, itulah pantai tersembunyi di Malang yang bisa untuk kamu jadikan pilihan. Ketika berkunjung ke sana ingat satu hal, jaga kelestarian pantai dan lingkungannya dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Selamat berlibur kepantai tersembunyi di Malang ya.

Sumber : berbagai sumber/Jawaban.com/em
Halaman :
1

Ikuti Kami